Program E-KTP di Sidoarjo, Capai 90 Persen

Tidak ada komentar 11 views

SIDOARJO (suarakawan.com) – Proses rekam data pada program kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) di kabupaten Sidoarjo, mencapai 90% atau sebanyak 1.130.382 orang wajib KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo Medi Yulianto mengatakan, dengan capaian tersebut pihaknya optimistis bisa menyelesaikan hingga akhir bulan April seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Saat ini jumlah wajib KTP Elektronik di kabupaten Sidoarjo seperti yang ditargetkan secara nasional sebanyak 1.251.819 orang wajib KTP,” ucapnya.

Dia mengemukakan, di Sidoarjo jumlah wajib KTP hingga akhir tahun 2011 sebanyak 1.459.849 orang wajib KTP.

“Di kabupaten Sidoarjo terdapat 3 kecamatan dengan jumlah wajib KTP yakni masing – masing kecamatan Taman, Waru dan juga kecamatan kota Sidoarjo,” imbuhnya Rabu(11/04).

Dirinya menyebutkan, hingga tanggal 8 April 2012, di kecamatan kota Sidoarjo telah menyelesaikan rekam data sebanyak 69,62 persen dengan jumlah orang sebanyak 102 ribu wajib KTP.

“Kecamatan Taman telah menyelesaikan sebanyak 72,19 persen dengan jumlah orang sebanyak 109 ribu orang wajib KTP,” katanya.

Sedangkan di kecamatan Waru telah menyelesaikan program rekam data sebanyak 58,08 persen dengan capaian jumlah orang sebanyak 94 ribu orang wajib KTP.Ia Terselesaikannya program rekam data KTP Elektronik tersebut salah satunya karena kesadaran warga masyarakat untuk datang di kantor kecamatan masing – masing.

“Selain itu, kesigapan petugas pelaksana di lapangan untuk membantu sosialisasi KTP Elektronik kepada masyarakat juga turut membantu suksesnya kegiatan ini,” katanya.

Dengan banyaknya wajib KTP yang sudah melakukan rekam data, kabupaten Sidoarjo menjadi kabupaten pertama di Jawa Timur dengan capaian rekam data terbanyak dibandingkan dengan kabupaten lainnya. Namun demikian, masih ada beberapa kendala dalam rekam data pembuatan KTP Elektronik ini di antaranya adalah korban lumpur yang sudah pindah tempat tinggal.

“Oleh karena itu, kepada korban lumpur yang berasal dari sebelas desa di tiga kecamatan di Sidoarjo supaya datang pada masing – masing kecamatan untuk melakukan rekam data KTP Elektronik dengan membawa KTP asli dan juga kartu keluarga,” ucap Medi Yulianto sambil tersenyum. (dik/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Program E-KTP di Sidoarjo, Capai 90 Persen"