Prof Sadjijono:Polri Harus Pakai Sistem Polisi Amerika

seminar Polda

SURABAYA (suarakawan.com) – Guna mendukung  kinerja polri  kedepan lebih baik secara teoritis dan konseptual dalam penegakan hukum pada masyarakat seharusnya polisi meniru sistem kinerja polisi di Amerika dan Jepang.

Hal itu disampaikan Guru besar Hukum Administrasi FH Ubhara Surabaya, Prof Dr. H. Sadjijono, saat ditemui di sela – sela seminar Membangun Kemitraan dengan Komponen Masyarakat Dalam Rangka Revitalisasi Peran dan Fungsi Polri di Hotel Bumi Surabaya, Kamis (23/06).

Dirinya mengatakan untuk membangun citra polisi di masyarakat saat ini polisi di Indonesia harus menerapkan strategi yang di terapkan polisi Amerika  artinya yang dikedepankan polri yaitu penegakan hukumnya, sehingga ketegasan dalam penegakan hukum sangat ditonjolkan yang dilakukan constable atau sheriff .

“Kepatuhan hukum dibangun dari ketegasan penegakan hukum yang kemudian timbul kesadaran untuk patuh pada hukum, walaupun tugas perlindungan, pengayoman, dan pelayanan tetap ada, namun dalam pola dan konteksya harus berbeda,” tuturnya.

Untuk menghadapi konsep seperti ini polri harus mengambil langkah yang pasti, konsep yang harus dikedepankan, yaitu pendekatan pada pelindung, pengayom, dan pelayanan, sehingga diharapkan dengan sistem pendekatan tersebut kinerja polri menjadi tegas dan baik.

Sementara itu kapolda Jatim, Irjen Pol Untung S. Rajab mengatakan guna mendukung dan membangun kemitraan dan revitalisasi, Polri saat ini perlu adanya dukungan dari semua pihak komponen masyarakat, sehingga dengan adanya dukungan dari masyarakat diharapkan kinerja polisi lebih baik lagi dalam menjalankan kinerjanya.

“Kemitraan itu kesadaran bahwa saat ini polisi tidak bisa kerja sendiri perlu adanya kerjasama dan dukungan dari masyarakat dalam menjaga keamanan, sehingga kondisi dan keamanan di Indonesia dan Jatim menjadi aman dan kondusif,” tuturnya. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Prof Sadjijono:Polri Harus Pakai Sistem Polisi Amerika"