Produk Design Contest Sambut Lustrum V Fakultas Tehnik Ubaya

SURABAYA (suarakawan.com) – Lomba Product Design Contest digelar sambut Lustrum ke V Fakultas Tehnik Ubaya. Lomba dengan tema “Product Design for Automotive Safety Improvement” ini merupakan rangkaian lustrum ke v Fakultas Tehnik Ubaya yang telah berlangsung beberapa minggu lalu. Memasuki babak final tercatat sebelas team yang lolos dan berhak memamerkan prototype serta design mereka.

Bertempat di East Rotunda Ground Floor Grandcity Mall Surabaya para peserta mempresentasikan hasil design dihadapan dewan juri selama 15 menit. Babak final Product Design Contest (PDC) terdiri dari 5 team SMA diantaranya men-design kursi safety kid, sercurity sensor system, flame handbreak combine, NCLm Light Helmet, sistim keamanan anti kebakaran dan tabrakan. Sedangkan 6 team lainnya dari tingkat Universitas, mereka men-design Helm Wiper, Helm Airbag, Alat pelumas rantai otomatis, sistim pintu darurat otomatis, alat pelindung kepala, dan double rear mirror.

Lomba ini tentu menjadi ajang unjuk kebolehan bagi mahasiswa Ubaya karena total hadiah yang diberikan bagi pemenang lomba juga tak main main yaitu sebanyak 25 juta rupiah dan piala Rektor, Dekan, dan Kepala Program Studi.

Dari sekian banyak prototype yang paling menyedot perhatian adalah karya Daniel. Mahasiswa teknik manufaktur ini beserta rekannya Allan membuat alat sistem pintu dab jendela darurat otomatis yang bisa diaplikasi pada kendaraan bus.

” Alat yang saya rancang ini sudah teruji dan sayapun memikirkan pula cadangan tuas manual kalau sistem otomatisnya rusak atau tidak berfungsi sebagai mana mestinya karena kurang perawan rutin” Ungkap Daniel disela pameran berlangsung (04/03).

Pihak panitian berharap dengan diadakan lomba ini tutur memeriahkan dan menjadi penutup kegiatan Lustrum V Fakultas Teknik. Selain itu juga dapat menjadi wadah apresiasi siswa dan mahasiswa dalam menuangkan ide dan gagasannya guna berguna bagi masyarakat.

” Karya mereka baik yang tingkat SMA maupun Universitas semuat out of the box, yang semula tidak terpikirkan masyarakat namun terpikir oleh para peserta, itu yang membuat saya salut”, ungkap Sunardi Tjandra S.T,M.T salah satu juri Product Desain Contest. (Din/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Produk Design Contest Sambut Lustrum V Fakultas Tehnik Ubaya"