Priyo: Pimpinan DPR Tak Punya Otoritas Batalkan Kunjungan

JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Priyo Budi Santoso mengatakan, pimpinan DPR tak memiliki kewenangan untuk menggagalkan agenda kunjungan ke luar negeri anggota dewan. “Kewenangan kami hanya memberi izin, tidak ada kewenangan untuk menggagalkan kunjungan,” ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung DPR, Senin (18/4).

Kunjungan ke luar negeri anggota dewan yang dilakukan di masa reses ini menuai kritik. Sebelumnya dikabarkan sejumlah komisi dan alat kelengkapan dewan diketahui telah berangkat ke sejumlah negara.

Menurut Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) untuk masa reses ini saja, anggota dewan menghabiskan anggaran kunjungan luar negeri hingga Rp 12 miliar. Anggaran terbesar dihabiskan Komisi I DPR yang berkunjung ke lima negara, yakni Perancis, Turki, Italia, Amerika dan Rusia. Fitra juga mengatakan kunjungan tersebut tak lazim karena tak lebih dulu diberitahukan kepada publik.

Priyo menambahkan kunjungan ini memang telah mendapatkan persetujuannya selaku pimpinan DPR. Namun, ia tak dapat berbuat banyak untuk menahan anggota DPR ke luar negeri. Ia kembali menegaskan bahwa pimpinan DPR hanya pemberi persetujuan administrasi saja.

“Istilahnya pimpinan DPR itu hanya seperti petugas imigrasi di bandara, kalau orang datang mau ke luar negeri kemudian bawa paspor kan pasti di cap,” ujarnya.

Karena itu ia sedang mencoba mengubah peraturan untuk memberikan pimpinan dewan kewenangan membatalkan kunjungan ke luar negeri. “Kalau kami memiliki kewenangan seperti itu, setidaknya kami bisa memberikan peringatan supaya sebagian saja yang berangkat,” kata politisi Golkar ini.

Menurut Priyo, tak mungkin menghentikan keseluruhan kunjungan anggota dewan ke luar negeri. Selain karena banyak manfaat yang didapatkan dalam studi banding itu, kata dia, kunjungan itu juga berfungsi sebagai balasan untuk sejumlah parlemen negara lain yang datang ke Indonesia. Priyo mencontohkan, “Kami sebagai pimpinan tak pernah berhenti menerima kunjungan parlemen luar negeri ke sini,” tuturnya. (ti/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *