Prigi Arisandi Raih Goldman Environmental Prize

1 komentar 32 views

Aktifis lingkungan asal Jawa Timur, Prigi Arisandi, hari ini sedang berada di Oprah Theatre, San Francisco,  Amerika Serikat untuk menerima penghargaan The Goldman Environmental Prize. Ini adalah penghargaan level dunia yang diberikan kepada orang-orang yang menaruh perhatian lebih kepada lingkungan.

“Prigi Arisandi initiated a local movement to stop industrial pollution from flowing into his city’s river that provides drinking water to three million people.”, tulis website resmi The Goldman Environmental Prize.

Prigi Arisandi selama ini dikenal sebagai aktifis lingkungan yang getol memperjuangkan kualitas air yang mengalir di Kali Surabaya. Dengan LSM Ecoton yang dibentuknya sejak kuliah, Prigi terus mengajak berbagai pihak untuk menaruh kepedulian terhadap kualitas air sungai yang menjadi bahan baku PDAM Surabaya yang dikonsumsi oleh 3 juta penduduk Surabaya.

Prigi mendekati berbagai kalangan, mulai sesama aktifis lingkungan hingga pemerintah. Ia tidak segan-segan memperkarakan industri yang membandel membuang limbahnya ke Kali Surabaya. Bahkan Gubernur Jawa Timur pernah digugatnya karena dianggap lalai dalam menjaga mutu Kali Surabaya.

Berikut ini profil Prigi Arisandi seperti yang ditampilkan di acara penghargaan hari ini:

[tube]http://www.youtube.com/watch?v=_Tlq1jKHJKU[/tube]

Di kalangan aktifis lingkungan luar kota, alumni Biologi Unair itu dikenal sebagai sosok yang baik hati, tidak pelit berbagi ilmu. Terbukti ada banyak pegiat lingkungan dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri, diberi kesempatan untuk menimba ilmu secara langsung kepada suami Daru Rini itu melalui program internship. Bahkan Prigi Arisandi telah menjadi langganan mentorship Ashoka Indonesia, LSM internasional yang getol mengajak generasi muda peduli terhadap lingkungan.

Prigi Arisandi menerima The Goldman Environmental Prize bersama 5 orang yang lain dari seluruh dunia. Mereka adalahRaoul Du Toit dari Zimbabwe, Dmitry Lisitysn dari Russia, Ursula Sladek dari Germany, Hilton Kelley dari USA dan Francisco Pineda dari El Salvador. (buo)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Prigi Arisandi Raih Goldman Environmental Prize"