Prestasi Olahraga Indonesia Bisa Tembus Rangking 10 Besar Dunia

SURABAYA (suarakawan.com) – Prestasi olahraga Indonesia dinilai bisa mengalahkan negara-negara Asia. Bahkan, mampu menempati peringkat 10 besar dunia. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi besar untuk meningkatkan prestasi olahraganya.

Penilaian itu disampaikan Hallam Pereira, International Project Director saat memberikan paparan program meningkatkan prestasi olahraga Indonesia dihadapan Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Harun di kantor Dinas Pendidikan Jatim, Jumat (10/02).

Dijelaskan, ada beberapa alasan yang membuat Indonesia bisa berkiprah di even tingkat dunia. Pertama, pendapatan negara sudah diatas Rp 1 Triliun. “Jumlah pendapatan Indonesia lebih tinggi dibanding Australia,” ujarnya.

Kedua, lanjutnya, jumlah penduduk Indonesia lebih besar dari Australia. Jika jumlah penduduk Indonesia mencapai 340 juta. Sebaliknya, jumlah penduduk Australia sebanyak 130 juta. “Indonesia juga punya iklim yang baik. Kalau Australia iklimnya dingin. Indonesia juga memiliki pakar dan pelatih olahraga,” tandasnya.

Jika prestasi olahraga Indonesia tidak ada peningkatan, menurutnya, karena seluruh instansi yang terlibat dalam kegiatan olahraga bekerja sendiri-sendiri dan belum terpadu. Misalnya, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan dan yang lainnya.

“Selama bekerja sendiri- sendiri, jangan harap prestasi olahraga Indonesia akan maju. Antara satu dinas dengan dinas lain harus bersinergi dalam menjalankan program pembinaan. Jadi, solusinya bagaimana mengembangkan kapasitas sebagai gudang olahraga sehingga menjadi lompatan jauh ke depan agar olahraga bisa maju,” paparnya.

Dalam hal ini pemerintah Australia Barat siap membantu memfasilitasi peningkatan prestasi olahraga. Apalagi di Jatim sudah ada Perda olahraganya. “Pemerintah Australia dengan senang hati membantu, karena sudah ada payung hukumnya,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Harun siap melakukan sinergi dengan instansi pemerintahan lainnya. Bahkan, dengan perusahaan sekalipun. Sebab, kemajuan olahraga tidak bisa ditanggung sendiri.

“Menangani olahraga itu tidak bisa dilakukan sendirian. Kita akan menggandeng Dinas lain, perusahaan dan seluruh komponen masyarakat lainnya. Perusahaan perlu dilibatkan, karena mereka memiliki anggaran yang bisa dipakai untuk membina olahraga,” jelasnya. (Bng/jto)

Keterangan foto: Hallam Pereira (kiri) didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Harun. (Bng)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Prestasi Olahraga Indonesia Bisa Tembus Rangking 10 Besar Dunia"