Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Presiden Jokowi Lantik Anggota DKPP Periode 2017-2022

12 Jun 2017 // 12:35 // HEADLINE, POLITIK, POLITIK & PEMERINTAHAN

jokowi2

JAKARTA (suarakawan.com) – Presiden Joko Widodo melantik tujuh anggota Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu di Istana Negara, Senin (12/6). Pengukuhan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 75 Tahun 2017 tentang Pemberhentian Anggota DKPP 2012-2017 dan Pengangkatan Anggota DKPP 2017-2022.

Mereka yang dilantik merupakan perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat, Pemerintah, KPU, dan Bawaslu. Perwakilan KPU dan Bawaslu ialah Hasyim Asy’ari dan Ratna Dewi Pettalolo.

Sementara perwakilan tokoh masyarakat ialah Harjono, Ida Budhiati, Teguh Prasetyo, Muhammad, dan Alfitra Salam.

Proses seleksi selama ini dilakukan tertutup. Beberapa telah melalui uji kelayakan dan kepatutan di Komisi II DPR. Setelah dilantik, mereka nantinya rapat internal menentukan Ketua DKPP untuk lima tahun mendatang.

Tujuh anggota DKPP bertugas mengadili aduan-aduan ihwal dugaan pelanggaran etik penyelenggara atau pengawas pemilu.

Mereka berwenang memanggil penyelenggara pemilu yang diduga melanggar kode etik untuk memberikan penjelasan dan pembelaan; memanggil pelapor, saksi, dan/atau pihak-pihak lain yang terkait untuk dimintai keterangan termasuk dokumen atau bukti lain; dan memberikan sanksi kepada penyelenggara Pemilu yang terbukti melanggar kode etik.

Megawati Hadir

Dalam pelantikan turut hadir Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila Megawati Soekarnoputri. Ini kali pertama Megawati hadir di Istana setelah dilantik menjadi Dewan Pengarah.

Ia berdiri di deretan tamu undangan. Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang biasanya berada langsung di sisi kanan Presiden tak terlihat di sana.

Usai melantik, Jokowi memberikan selamat kepada tujuh anggota baru DKPP. Megawati turut memberikan salam kepada mereka di belakang Jokowi.

Pemberian selamat selanjutnya diikuti mantan Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie, Ketua DPR Setya Novanto, Ketua DPD Oesman Sapta Oedang, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.(cnn/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda






  • Terkini