Prancis Sanksi Google Sebesar Rp 1,4 Triliun

Tidak ada komentar 7 views

PARIS – Bertambah satu lagi negara yang menentang keberadaan layanan Google Street View, yakni Prancis. Senin (21/3), Badan perlindungan data Prancis CNIL menjatuhkan sanksi terhadap Google dengan harus membayar uang kompensasi sebesar 142.000 dolar AS atau sekitar Rp1,4 triliun.

Sebelumnya sebuah persidangan di pengadilan distrik Amerika Serikat 11 Januari 2011 lalu menyatakan bahwa Google bersalah karena dianggap telah melanggar hak pribadi sebuah keluarga di Pennsylvania.

Dalam kasus ini, hukuman yang dijatuhkan kepada Google sangat minimal. Google cuma harus membayar uang kompensasi pidana sebesar US$1 atau sekitar Rp9 ribu.

Prancis mengecam perusahaan raksasa internet tersebut lantaran mengumpulkan data personal dan mengambil foto-foto jalan.

“Putusan tersebut berdasarkan data pribadi yang dikumpulkan melalui layanan Street View pada tahun 2004,” kata Kepala badan perlindungan data Prancis CNIL, Yan Padova, seperti dikutip dalam harian Le Parisien.

Google meluncurkan layanan Street View pada tahun 2007, yang menyediakan pemandangan jalan-jalan kota, namun hal tersebut di Eropa justru memicu kontroversi lantaran telah melanggar hak pribadi.

Google juga mengakui pada tahun 2010, kendaraan Google Street View juga dituduh melanggar hak privasi karena tak hanya mengambil foto dan merekam nama-nama jaringan Wi-Fi (SSID) serta nomor identitas router (MAC address) yang dilalui kendaraan itu, tapi juga mengambil data yang berseliweran di jaringan Wi-Fi tersebut. Termasuk, alamat-alamat situs web yang dikunjungi, password pengguna, atau bahkan konten pesan di e-mail milik pengguna.

Badan perlindungan data Prancis CNIL memutuskan untuk memberlakukan denda, karena kebebasan informasi di Prancis di atur dalam undang-undang. (AFP/iza)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Prancis Sanksi Google Sebesar Rp 1,4 Triliun"