Polrestabes Sita Ribuan VCD/DVD Bajakan di TEC

4 comments 12 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Sekitar 26.089 keping VCD/DVD Playstation dan Nitendo serta X-Box bajakan berhasil diamankan satuan Pindana Ekonomi Polrestabes Surabaya dari 14 toko Game di Trade Elektronik Centre, jalan Tunjungan Surabaya.

Kini barang bukti sudah diamankan di Mapolrestabes namun belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka. “Kita masih melakukan lidik terhadap saksi-saksi selaku pegawai toko. Nantinya dari hasil penyidikan inilah kita bisa mengetahui tersangkanya,” ujar Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Tri Maryanto, Kamis (09/02).

Dari hasil lidik, bahwa modus yang dilakukan diketahui bahwa VCD/DVD anak-anak bajakan ini dikirim dari Jakarta melalui jalur darat dengan menggunakan Kereta Api tujuan Stasiun Pasar Turi Surabaya. Selanjutnya dikirim ke 14 toko tersebut.

Sayangnya, 14 toko yang menjual VCD/DVD tersebut juga tidak bisa disegel, karena selain menjual VCD/DVD bajakan, pemilik toko juga menjual yang original.

Dengan kejadian ini, Tri Maryanto menjelaskan, negara sudah dirugikan begitu banyak. Sebab, kaset original yang masuk ke Indonesia dari luar negeri sudah berkurang akibat kurangnya peminat. Pembeli lebih banyak yang memilih VCD/DVD bajakan Padahal, ongkos masuk ke Indonesia bisa menjadi pemasukan negara. “Jelas negara sangat dirugikan. Apalagi VCD/DVD bajakan sangat murah. Kalau original bisa dijual sampai Rp 150 ribu. Sementara bajakan hanya dijual Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu,” katanya.

“Yang jelas hasil ungkap ini berdasarkan informasi masyarakat dan kinerja polisi,” pungkas Kombes Pol Tri Maryanto. (bs/sug)

4 Respon

Tinggalkan pesan "Polrestabes Sita Ribuan VCD/DVD Bajakan di TEC"