Polisi Ungkap Pabrik Uang Palsu Senilai Rp 1,5 Miliar

SURABAYA – Polrestabes Surabaya berhasil mengungkap pabrik uang palsu. Polisi menangkap M. Chusaeri pemilik modal dan Jamaludin selaku pengedar.

“Uang yang beredar diperkirakan sudah 1 miliar lebih dan beredar di profinsi lain.” terang Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Coki Manurung, di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (16/3).

Kombes Pol Coki menjelaskan, pelaku mengedarkan uang palsu dimalam hari guna memudahkan mereka mengelabui korban-korbannya. Pola yang mereka lakukan, yakni dengan cara membeli barang sambil menyelipkan  uang palsu tersebut disela-sela uang asli.

Penangkapan berawal dari informasi masyarakat jika M.Chusaeri sering mengedarkan uang palsu di wilayah Surabaya hingga akhirnya ditangkap petugas di jalan Raya Mantrisp Karang Pilang Surabaya. Kemudian dikembangkan lagi, polisi menemukan barang bukti uang palsu sejumlah 29 juta di rumahnya di dusun Sambi Sari, Jombang.

Kemudian dikembangkan lagi di rumah M. Chusaeri hingga menemukan tempat produksi di Jalan Jambu Jabon, Jombang dengan barang bukti pecahan 100 ribu berjumlah 470 juta beserta alat pembuatannya seperti kertas, laptop, alat sablon dan lainnya.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam 15 tahun penjara. Kini polisi masih memburu 3 pelaku lainnya yang bertugas pembuat uang palsu.(bs/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Polisi Ungkap Pabrik Uang Palsu Senilai Rp 1,5 Miliar"