Polisi Sita Ribuan Petasan Siap Edar

Tidak ada komentar 11 views

barang bukti ribuan petasan

SURABAYA (suarakawan.com) – Menjelang Puasa Ramadhan  peredaran petasan ilegal di Surabaya ini kian marak. Bukan tidak mungkin petasan-petasan tersebut akan menjadi ancaman bagi masyarakat sendiri.  Ini setelah  hasil sweeping Polsek Gubeng  menyita sedikitnya 2.000 batang petasan berdiameter 2 cm.

Ribuan petasan tersebut diamankan dari seorang tukang becak, Marzuki, 50 di kawasan Jalan Menur. Diduga kuat ribuan petasan tersebut akan diperjual-belikan jelang ibadah Ramadan yang diperkirakan datang sebulan lagi.

Polisi belum menetapkan tersangka atas kepemilikan ribuan petasan tersebut. Sebab Marzuki sendiri hanyalah tukang becak yang dimanfaatkan jasanya untuk mengantarkan barang terlarang tersebut.

Sayang, Marzuki sendiri tak mengenalnya. Marzuki hanya menyebut ciri pemilik barang tersebut. Yakni berperawakan tinggi kurus dan berambut lurus.

Kepada polisi Marzuki mengaku diminta mengantar barang dalam kardus tersebut saat mangkal di kawasan Jagir. “Saat itu ada penumpang turun dari kereta api di stasiun Wonokromo. Dia kemudian meminta saya membawa barang bawaannya ke Jalan Menur. Dia sendiri naik angkutan umum dan membuntuti dari belakang,”tuturnya.

Meski demikian Mazuki tidak mengetahui jika kardus tersebut berisi petasan. Sebab saat ditanya, pemilik mengaku jika kardus tersebut berisi dompet.

“Awalnya saya menolak karena takut isinya narkoba. Tetapi dia kembali meyakinkan jika isinya dompet. Tak tahunya malah mercon (Petasan),”ungkapnya.

Menurut Kapolsek Gubeng, AKP Alfian Arrizal, terbongkarnya ribuan petasan tersebut berawal dari kecurigaan terhadap tukang becak yang berdiri kebingungan di Jalan Menur.

“Saat itu anggota patroli kebetulan melintas dan melihat bapak tukang becak ini. Karena terlihat bingung, kemudian kami amankan, termasuk dua kardus bawaannya. Saat kami buka ternyata isinya mercon”tegasnya.

Alfian menduga kuat, petasan tersebut akan dijual pada saat bulan Ramadan. Karena itu untuk kepentingan keamanan dan kenyamanan pihaknya mengaku akan memusnahkan seluruh petasan tersebut.

“semua akan kami musnahkan. Jangan sampai petasan seperti ini beredar di masyarakat dan menimbulkan bahaya,”pungkasnya. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Polisi Sita Ribuan Petasan Siap Edar"