Polisi Korsel Gerebek Kantor Google

SEOUL-Polisi Korea Selatan, menggerebek kantor lokal Google untuk menyelidiki apakah perusahaan pencarian global ini digunakan secara ilegal mengumpulkan data lokasi pribadi.

Kepala unit kejahatan cyber kepolisian Korsel, Chang Byung-Duk menyatakan, “Penyidik dikirim ke kantor Seoul Google untuk mengamankan bukti yang terkait dengan platform AdMob”.

Penggerebekan itu menyusul tuduhan bahwa keagenan iklan mobile Google AdMob, secara ilegal telah mengumpulkan data lokasi individu melalui aplikasi  smartphone, tambahnya.

Penyidik  juga menggerebek kantor pusat situs lokal Daum tentang dugaan  platform iklan yang digunakan untuk mengumpulkan data lokasi.

“Selama penggerebakan hari ini, kami gagal untuk mengamankan bukti karena terkait server yang berlokasi di Amerika Serikat. Sebaliknya, pejabat Google berjanji  untuk bekerja sama dan memberikan informasi nanti,” kata Chang.

Penggerebakan itu terjadi seminggu setelah regulator telekomunikasi Korea Selatan  melakukan penyelidikan ke Apple untuk melihat apakah koleksi raksasa  data lokasi dari iPhone dan pengguna iPad melanggar aturan privasi. (AFP/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *