Polda Ungkap Penyelewengan 42 Ton Solar Bersubsidi

tersangka diapit petugas

SURABAYA(suarakawan.com) – Direktorat reserse kriminal umum (Dirreskrimum) unit Transportasi berhasil mengungkap kasus penyelewengan BBM bersubsidi jenis solar.

“Kita ungkap kasus ini dengan mengamankan truk tangki saat melintas di kawasan Gempol,”ujar Kanit V/Transportasi Dirreskrimum Polda Jatim,Jum’at(29/07).

Dari kasus ini tiga tersangka diamankan,masing-masing Asmuni,40,warga Gondanglegi Malang berperan sebagai pembeli di SPBU dengan mengunakan banyak jerigen yang diangkut dengan mobil jenis Pickup,dan As’yari,35,warga Gondanglegi,Malang selaku pemilik penambungan Solar-solar yang di beli dari SPBU tersebut,serta Heri Warsono warga Blitar selaku sopir truk tangki yang memuat solar-solar tersebut.

Menurut Dir reskrimum Kombes Pol Agus K Sutisna modus dari penyelewengan BBM ini dengan cara membeli solar dari SPBU dengan harga biasa Rp.4500 namun dijual kepada penampungan seharga Rp.4750,kemudian dijual kepada PT. Lubrical Jaya Sejahtera seharga Rp.5500.Oleh PT Lubrikal tersebut dijual kepada pihak industri seharga Rp.8600.

“Berdasarkan undang-undang yang berlaku untuk BBM biasa tidak boleh di gunakan untuk industri,karena BBM biasa ada subsidi dari negara,”ujar Kombes Pol Agus.

Alumni Akpol’87 ini menambahkan berdasarkan hasil pemeriksaan solar-solar itu dijual kepada dua perusahaan di Lumajang dan Situbondo dengan harga sesuai harga industri.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Rachmat Mulyana mengatakan,pihak Polda Jatim akan terus memantau jalur BBM agar tidak disalah gunakan,khususnya menjelang lebaran.”Kita akan terus mengawasi jalur BBM agar tidak disalah gunakan,”kata Rachmat.

Barang bukti yang berhasil diamankan diantaranya sebuah mobil tangki nopol N 8148 BA,Solar 42 Ton,1 unit pickup,34 jerigen,19 buah tandon plastik dan 2 pompa.

Ketiga tersangka tersebut di jerat dengan pasal 53/55 UU No 22 tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi.

“Kita masih mengembangkan kasus ini,karena keterangan tersangka ada perintah dari pimpinan perusahaan PT.Lubrical.JS,”tambah Kombes Pol Agus K Sutisna.(Wis/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *