Polda Siapkan Masjid Bintang Saat Mudik

Kapolda Jatim Irjen Hadiatmoko

SURABAYA (suarakawan.com) – Mudik adalah bagian tradisi masyarakat saat merayakan lebaran Idul Fitri.Dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas pada moment mudik pihak Polda Jatim telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi.

Kapolda Jawa Timur, Irjan Pol Hadiatmoko mengatakan akan menerjunkan kekuatan penuh dalam mengamankan arus mudik dan balik lebaran 2011. Menurutnya, 16 ribu personil akan dikerahkan dalam kegiatan tahunan masyarakat itu.

“Personil yang akan kita siagakan sebanyak 16 ribu personil dari seluruh jajaran polda jatim,agar masyarakat bisa aman,tentram dan lancar saat mudik,” ujar Kapolda, Sabtu (06/08).

Mantan Wakabareskrim Polri ini menambahkan pihaknya juga telah mempunyai program untuk mengatasi kemacetan dan kecelakaan yang biasa terjadi pada arus mudik dan balik lebaran. Yaitu program mudik awal dan balik awal, dimana akan diberikan pengawalan kepada para pemudik yang menggunakan sepeda motor.

“Ya, kita punya program untuk keselamatan mudik. Kita akan kawal siapapun pemudik yang menggunakan motor. Maka itu, bila ada satu grup pemudik yang akan berangkat pulang dengan motor, kami himbau untuk segera melapor dulu agar mendapat pengawalan,” terangnya.

Disamping itu, untuk kenyamanan mudik lebaran kali ini, lanjut Hadiatmoko, pihaknya  telah mensurvei beberapa masjid di jalur mudik Jatim yang mempunyai lahan parkir yang luas untuk dijadikan “masjid bintang”.

“Pada masjid bintang ini kami akan sediakan menu sahur dan buka puasa secara gratis untuk para pemudik dan masyarakat umum. Namun untuk berapa titiknya, saat ini kami sedang meng hitungnya,” pungkasnya sembari mengharap dengan program masjid bintang ini, masyarakat dan pemudik akan merasakan kenyamanan pelayanan mudik dari Polisi.

“Masyarakat bisa mudik dengan aman dan nyaman,pihak pengurus masjid seperti takmir /remas juga bisa berperan aktif dalam program masjid bintang,”kata mantan Kapolda Bali ini.(Wis/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *