Polda Jatim Tingkatkan Kewaspadaan Jelang Vonis Ba’asyir

kabid humas polda jatim Kombespol Rahmad Mulyana

SURABAYA (suarakawan.com) –Polda Jatim melakukan langkah-langkah antisipasi menjelang sidang vonis Abu Bakar Baasyir di Jakarta, Polda Jatim telah memerintahkan jajaran untuk meningkatkan kewaspadaan.

Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi teror dan pergerakan massa yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Rachmat Mulyana, Rabu (15/06) di Mapolda Jatim

Alumni Akpol’88 menambahkan, Kapolda Jatim Irjen Pol Untung S. Radjab telah menginstruksikan  jajaran untuk meningkatkan kewaspadaan terutama di daerah-daerah yang diprediksi menjadi kantong-kantong simpatisan dan pendukungsimpatisan Baasyir.

”Peningkatan kewaspadaan itu selama lima hari, yaitu mulai H-2, tanggal 16, hingga H+2,” ujarnya.

Rachmat menambahkan, kewaspadaan yang dimaksud dalam bentuk upaya pre emtif dan preventif, untuk menangkal dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Bentuk kongkritnya,seperti  mendatangi dan memberi pengarahan kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang negatif.

Mantan Kapolres Banyuwangi ini menambahkan daerah  yang diidentifikasi menjadi kantong-kantong pendukung Baasyir untuk wilayah Jatim,  adalah daerah tapal kuda. Daerah itu meliputi Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.

“Karena itu, jajaran yang ada di wilayah tersebut sudah diperintahkan khusus untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi,”ucapnya.

Walaupun ada peningkatan kewaspadaan,namun pihak Polda Jatim tidak melakukan  penambahan personel yang diterjunkan kedaerah-daerah.

”Tidak sampai ada penambahan personel secara khusus. Hanya kewaspadaan dan mobilitas saja yang ditingkatkan,”kata Rachmat. (wis/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Polda Jatim Tingkatkan Kewaspadaan Jelang Vonis Ba’asyir"