Polda Jatim Pecat 28 Polisi di Semester 1 2011

Tidak ada komentar 10 views

kapolda jatim irjen Untung S.

SURABAYA (suarakawan.com) – Pengawasan melekat serta pemberian rewards and punishment yang proporsional kepada anggota Polda Jatim ternyata membawa dampak positif.

Buktinya,dibanding tahun 2010 sesuai data yang dilansir Bid Humas Polda Jatim,jumlah pelanggaran yang dilakukan oknum anggota polisi mengalami penurunan pada semester awal tahun 2011.

Pada tahun 2010 untuk anggota Polda Jatim yang melakukan pelanggaran disiplin sejumlah 1.235,turun 89 kasus pada tahun ini,berjumlah 1.146 kasus.Untuk pelanggaran kode etik pada tahun ini sebanyak 17 kasus,turun 42 kasus dibanding tahun 2010 sebanyak 59 kasus.

Sementara untuk pelanggaran pidana,pada tahun 2010 berjumlah 104 kasus,pada tahun 2011 hanya 80 kasus,turun 24 kasus.

Terkait dengan sanksi dari pelanggaran yang dilakukan,untuk pelanggaran etika profesi dan pidana umum dengan vonis sidang Komisi Kode Etik Polri,diantaranya perbuatan tercela 2 personil,permintaan maaf 8 personil,Tour Of Area 6 personil,Tour Of Duty 5 personil, serta Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) alias di pecat sebanyak 28 personil,sedangkan Pemberhentian Dengan Hormat(PDH) sejumlah 7 personil.

“Pimpinan fungsi masing-masing akan  terus melakukan pengawasan dan pembinaan yang istiqamah,sehingga personal Polda Jatim dapat tampil proporsional dan profesional dan bermartabat,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Untung S Radjab,Kamis(30/6) saat menggelar konfrensi pers dalam rangka HUT Bhayangkara ke 65,di Mapolda Jatim.

Mantan Kapolda Kalsel ini menambahkan,terkait denggan anggota polisi yang dipecat,karena pelanggaran yang sudah dilakukan sudah tidak dapat ditolerir lagi setelah dilakukan pembinaan.

“Kasusnya terjadi sejak tahun lalu,namun vonis sidangnya baru turun pada tahun ini,” ujar Kapolda Jatim.

Sementara untuk hukuman yang diberikan terhadap pelanggaran disiplin diberikan teguran tertulis 146 personil,ditunda pendidikan 73 personil,ditunda gaji berkala 15 personil,ditunda kenaikan pangkat 82 personil,mutasi bersifat demosi 43 personil,penempatan pada tempat khusus 198 personil dan yang dinyatakan tidak cukup bukti 4 personil. (Wis/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Polda Jatim Pecat 28 Polisi di Semester 1 2011"