Polda Jatim Bongkar Jaringan BBM Ilegal

Tidak ada komentar 5 views

pol airSURABAYA (suarakawan.com) – Ditpolair Polda Jatim berhasil membongkar jaringan jual beli bahan bakar minyak (BBM) jenis solar ilegal di perairan Sapeken, Sumenep, Madura.

Kasubbid Pengelola Informasi dan Dokumentasi Bid Humas Polda Jawa Timur, AKBP Azizah Hani, menjelaskan bahwa?jika proses jual-beli BBM tanpa dokumen resmi tersebut menggunakan perahu motor tanpa nama dengan maksud agar susah dicari oleh polisi.

Sementara dalam pengungkapan tersebut, polisi menangkap seorang nahkoda bernama Lilak (51), asal Mandar Raya, Kelurahan Pangerungan Besar, Sapeken, beserta tiga anak buah kapalnya (ABK).

“Mereka ini kami tangkap di koordinat 07 derajat 00′ 21″ LS – 115 derajat 42′ 11″ BT, Perairan Sapeken, Sampang, Madura. Tidak ada dokumen resmi.” terang Kasubbid Pengelola Informasi dan Dokumentasi Bid Humas Polda Jawa Timur, AKBP Azizah Hani, Jum’at (04/07).

Selain mengamankan para tersangka, polisi juga mengamankan satu unit perahu motor tanpa nama, 10 ton BBM jenis solar, 12 buah profil tank dengan masing-masing berat 1 ton, lima buah drum dengan isi masing-masing 200 liter.

Dikatakannya, pengungkapan ini bermula dari penyelidikan informasi.

Saat itu polisi melihat seorang nahkoda yang turun ke darat dari bibir pantai. Kemudian menyuruh anak buahnya untuk tinggal di kapal dan kemudian memerintah membawa barang bukti tersebut.

Nah, pada saat nahkoda kembali ke rumah, polisi melakukan penangkapan dan menemukan barang bukti tersebut.

“Sampai detik ini mereka tidak mengaku darimana asal BBM tersebut. Dia hanya mengaku mendapat dari sesorang agar dijual 6 ribu per liter. Kita akan kembangkan kasus ini lagi” tutupnya. (Bs/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Polda Jatim Bongkar Jaringan BBM Ilegal"