Polda Akan Gelar Perkara Tentukan Tersangka Kasus Dispenduk Capil

SURABAYA (suarakawan.com)-Perkembangan kasus dugaan korupsi pada proyek Pemutakhiran Data Kependudukan tahun 2010 di Dispenduk Capil.

Setelah ditingkatkan statusnya menjadi Penyidikan,pihak Subdit Tipikor Polda Jatim hingga saat ini masih memproses pendalaman pemeriksaan saksi-saksi yang diperlukan.

Menurut Kasubdit Tipikor Dit Reskrimsus Polda Jatim AKBP Edwan Syaiful,pemeriksaan pendalaman saksi sedang berjalan,pihaknya menjadwalkan akan memintai keterangan 30 orang saksi dalam kapasitas pendalaman pemeriksaan.

“Kurang lebih 30 orang dari pihak terkait,kita jadwalkan minggu depan proses ini sudah rampung semua,”ujar AKBP Edwan Syaiful, Rabu(21/09).

Edwan menambahkan setelah merampungkan pemeriksaan pendalaman saksi,maka tahapan selanjutnya adalah gelar perkara.Gelar perkara ini,selain untuk melakukan evaluasi hasil pemeriksaan pendalaman saksi sekaligus untuk menentukan siapa-siapa yang statusnya akan ditingkatkan dari saksi menjadi tersangka.

“Target kita Minggu depan sudah gelar perkara,sekaligus untuk menentukan siapa yang akan di tetapkan menjadi tersangka dalam kasus ini,”terangnya

Terkait siapa-siapa yang berpotensi menjadi tersangka dalam kasus ini,menurut Edwan pihaknya tidak mengunakan azas dugaan.

“Identitas tersangka ya menunggu hasil gelar perkara,sekarang masih tahapan menuntaskan pendalaman pemeriksaan saksi,”imbuh Edwan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Rachmat Mulyana menegaskan bahwa proses ini akan terus berjalan sampai tuntas dengan azas profesionalisme dan proporsional berdasarkan fakta hukum yang ada.

Terkait barang bukti yang sudah diamankan diantaranya, dokumen verifikasi entri data.

Seperti diberitakan sebelumnya, proyek pemutakhiran data kependudukan tahun 2010 dengan anggaran sekitar Rp 3,5 miliar lebih, diduga terjadi penyelewengan dana dengan cara terjadi pemotongan honor petugas pemutakhiran data.(wis/jto)

Keterangan Foto: Ruang Subdit Tipikor Polda Jatim(wis)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Polda Akan Gelar Perkara Tentukan Tersangka Kasus Dispenduk Capil"