PMI Surabaya Jamin Stok Darah Aman Sampai Libur Panjang

SURABAYA (suarakawan.com) Stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya mulai hari sampai libur panjang hari minggu (20/05) aman dan normal.

“Dengan stok yang normal dan aman ini tentunya bisa melayani semua kebutuhan permintaan dengan cepat. Mudah-mudahan stok ini bisa bertahan hingga bulan ke depan,” harapnya, Humas UDD PMI Surabaya, Agung Tri Jutanto saat di kantornya, Rabu (16/05).

Dikatakannya pihaknya berani menjamin stok darah aman karena pada libur panjang akan diadakan acara banyak donor darah yaitu khususnya dari gereja yang memperingatin hari paskah.

“Kami juga akan menyediakan 7 unit mobil donor darah untuk jemput bola yaitu akan berada di taman Bungkul selama libur panjang pada hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu,”tegasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun UDD PMI Surabaya stok darah yang terkumpul untuk jenis whole blood sebanyak 170 kantong (gol A 8, gol B 28, gol AB 6, gol O 132), sel darah merah sebanyak 378 kantong (gol A 92, gol B 22, gol AB 71, gol O 193), trombosit 187 kantong (gol A 34, gol, B 25, gol AB 5, gol O 123).

Maka itu ia mengimbau masyarakat yang waktunya donor darah diharapkan segera donor ke UDD PMI Surabaya. Sedangkan masyarakat yang belum pernah donor darah juga diharapkan partisipasinya untuk bisa menyumbangkan darahnya, karena saat ini banyak pasien di rumah sakit yang memerlukan darah.

Ia menambahkan, selain membuka gerai di Mal, pihak PMI juga selalu tidak henti-hentinya menginformasikan hal ini kepada masyarakat melalui media cetak dan elektronik. Tujuannya, agar masyarakat atau pendonor segera melakukan kegiatan rutinnya mendonorkan darah.

“Kami mengimbau hal ini melalui media agar pendonor yang belum mendonorkan darah maupun pendonor yang sudah waktunya mendonorkan segera melaksanakan donor darah,” imbuhnya. (aca/jto)

 

keterangan foto : Petugas PMI saat memasukan darah Trombosit ke lemari pendingin (aca)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PMI Surabaya Jamin Stok Darah Aman Sampai Libur Panjang"