PLTN Fukushima Kembali Keluarkan Asap

Tidak ada komentar 7 views

OSAKA – Asap dan uap kembali terlihat keluar dari reaktor nuklir di Fukushima, Jepang, Selasa (22/3).  Kantor Berita Kyodo melaporkan  puluhan pekerja tengah berusaha keras untuk mencegah terjadinya bencana nuklir dalam skala besar.

Uap warna putih tampak membumbung naik dari reaktor nomor dua, sedangkan kabut putih tampak keluar dari reaktor nomor tiga. Akibat insiden ini, upaya penyemprotan air ke batang bahan bakar nuklir yang overheating serta upaya pemulihan listrik di PLTN tersebut menjadi terhenti.

Para ahli menyatakan, ledakan uap ini mungkin saja melepaskan sejumlah kecil partikel radioaktif ke atmosfer.

Menanggapi hal ini, pihak operator Tokyo Electric Power Co (TEPCO) menyatakan situasi terkendali. Para pekerja bahkan telah kembali melanjutkan tugasnya untuk memulihkan reaktor-reaktor tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa asap yang terlihat sebelumnya berubah menjadi uap air.

Jauh dari pembangkit listrik tersebut, makin banyak bukti yang ditemukan mengenai radiasi pada sayuran, air, dan susu yang memicu kekhawatiran di kalangan rakyat di Jepang dan luar negeri, meski banyak pejabat memberi jaminan bahwa tak ada bahaya yang mengancam. Operator pembangkit listrik itu, Tokyo Electric Power Co (TEPCO), menyatakan radiasi ditemukan di Pasifik di dekat pembangkit listrik tersebut. (KN/iza)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PLTN Fukushima Kembali Keluarkan Asap"