Pilkada Jatim  2018, Gerindra Siap Usung Gus Ipul

gus ipul

SURABAYA (suarakawan.com) – Peluang Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2018 terbuka lebar. Gus Ipul sudah mendapat dukungan partai politik (paprol) sebagai kendaraan politik untuk bisa mencalonkan sebagai Calon Gubernur Jatim.

Salah satu parpol yang menyatakan dukungannya kepada Gus Ipul yaitu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). “Kami sudah menemukan kesepakatan dan memiliki pandangan sama sehingga Gerindra memilih Saifullah Yusuf,” kata Ketua Dewan Pengurus Daerah Partai Gerindra Jatim Soepriyatno, seperti diberitakan Kamis (21/1).

Menurutnya, Gerindra sudah memiliki kesepahaman dengan Partai Demokrat mengusung nama yang sama untuk memimpin Jatim periode 2019-2024. Gerindra dan Demokrat Jatim sudah bertemu membahas ini sekaligus berkoalisi. “Nantinya pimpinan DPD menyampaikan ke pusat terkait kesepakatan mengusung nama calon gubernur,” sergahnya.

Langkah berkoalisi ini, lanjutnya, menjadi harga mati karena kursi yang dimiliki Gerindra tidak cukup mengusung pasangan calon sendiri, yakni 13 kursi dari 20 kursi yang menjadi batas minimal. Namun, jika berkoalisi dengan Demokrat, jumlah kursi untuk mengusung calon sudah mencukupi.

“Kalau dengan Demokrat maka 26 kursi, karena Gerindra dapat 13 kursi dan Partai Demokrat juga 13 kursi. Tapi kami tetap membuka peluang koalisi dengan partai lainnya,” papar politisi kelahiran Surabaya ini.

Terkait nama calon wakil gubernur, anggota DPR RI ini berharap berasal dari PDI Perjuangan yang memiliki dua kader mumpuni, yakni Walikota Kota Surabaya terpilih Tri Rismaharini dan Bupati Banyuwangi terpilih Abdullah Azwar Anas. “Kalau saya nggak lah maju sebagai calon,” kelitnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo mengaku belum memastikan nama siapapun yang ditunjuk sebagai calon gubernur karena masih harus melaporkannya ke DPP.  “Harus mendapat restu dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono. Sekarang ini masih belum ada kepastian, termasuk koalisi dengan Partai Gerindra,” ucapnya.

Sementara itu, Saifullah Yusuf ketika dikonfirmasi mengakui sudah berkomunikasi dengan sejumlah partai politik dan berharap memunculkan keputusan terbaik. “Mudah-mudahan saja dan kami masih berkomunikasi intens. Ditunggu saja semoga ada kabar positif,” katanya.

Meski demikian, pria yang akrab dipanggil Gus Ipul itu mengaku belum terlalu sibuk memikirkan Pilkada Jatim karena lebih berkonsentrasi di posisinya sebagai Wakil Gubernur Jatim. “Masih banyak tugas yang harus saya selesaikan sebagai Wakil Gubernur,” tandasnya. (Bng/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pilkada Jatim  2018, Gerindra Siap Usung Gus Ipul"