Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Pilgub Jatim 2018, Gerindra Lirik Fandi Utomo Jadi Cawagub

04 Nov 2017 // 15:10 // PILKADA

IMG-20171104-WA0002

SURABAYA (suarakawan.com) – Sejumlah partai diporos tengah menyiapkan sejumlah kadernya untuk menyaingi Saifullah Yusuf dan Anas. Partai Gerindra salah satu partai yang kini tengah menjaring nama untuk digadang sebagai kandidat Calon Wakil Gubernur Jawa Timur di Pilgub 2018.

Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengakui, saat ini DPP sedang membahas kandidat Cawagub Jatim. Dari proses survei, penelitian dan diskusi maka dipilih dua nama yang akan direkomendasi partai. Dua nama itu berasal dari internal dan eksternal. Dari internal dipilih Soepriyatno, sedangkan dari eksternal adalah Fandi Utomo, anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI dapil Jatim.

“Jadi ada dua opsi nama dari DPP, dari internal Soepriyatno dan Fandi Utomo dari eksternal partai,” terang pimpinan Komisi II DPR RI itu, Sabtu (4/11).

Riza mengungkapkan, Gerindra melirik Fandi Utomo karena yang bersangkutan adalah figur yang cukup dikenal di Jawa Timur. Terbukti, Fandi mendapat mandat dari warga Jawa Timur untuk menjadi wakil mereka di parlemen.

Selain itu, Fandi juga punya pengalaman dan jam terbang yang tinggi sebagai politisi. Hal itu menjadi modal penting untuk bertarung dikompetisi seketat Pilgub, apalag Jatim memiliki wilayah yang luas dan jumlah pemilih yang besar. Karena itu perlu figur yang berpengalaman.

“Fandi Utomo itu juga pernah menjadi Calon Wali Kota Surabaya pada pilkada 2010. Beliau punya pengalaman dan basis massa sebagai politisi,” tutur mantan Cawagub DKI pada Pilkada 2012 ini.

Komandan Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia ini menambahkan, untuk kader internal pilihan jatuh ke Soepriyatno. Sebab, ia adalah Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur, dengan kata lain beliau adalah kader terbaik Gerindra di Jatim.

Selain itu, loyalitas Soepriyatno pada partai sudah tak perlu disangsikan lagi. Karena itu, partai mempercayakan jabatan strtegis kepada yang bersangkutan, salah satunya pimpinan Komisi XI DPR RI.

“Kalau Mas Pri (Soepriyatno-red) itu kader terbaik Gerindra di Jawa Timur. Karena itu, namanya masuk pilihan utama,” imbuh Riza.

Alumni Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) ini mengakui Gerindra folus menjaring kandidat Cawagub karena untuk Cagub sudah terjaring nama Gus Ipul, Khofifah, M. Nuh dan nama lainnya. Karena itu, pihaknya mempersiapkan nama wakil sambil menunggu penjajakan politik dengan partai lain.

“Soal Cagub, kita terus lakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain. Karena prosesnya masih berjalan,” ujar politisi Gerindra ini.

Terpisah, Fandi Utomo mengaku terkejut namanya dilirik DPP Partai Gerindra sebagai kandidat Cawagub dari partai berlambang Kepala Burung Garuda itu. Politisi Demokrat ini mengaku prinsipnya sebagai kader partai siap mendapat penugasan di mana pun oleh partai.

“Semua tergantung partai, saya kader Partai Demokrat. Kalau diperintah partai saya harus siap,” kelit Fandi Utomo. (aca/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini