Pilgub Jatim 2018, Banser Dukung Gus Ipul-Anas

TULUNGAGUNG (suarakawan.com) – Komandan Satuan Koordinasi Nasional Barisan Serbaguna (Banser) Nahldatul Ulama Alfa Isnaeni menegaskan dukungannya untuk pemenangan bakal calon gubernur Saifullah Yusuf di Pilkada Jawa Timur.

Dalam pernyataan persnya Senin, Alfa menyebut jaringan Banser Jatim mencapai 350 ribu anggota yang tersebar di 38 kabupaten/kota se-Jatim saat ini sudah siap dikerahkan demi mengusung Gus Ipul dan pasangannya Abdullah Azwar Anas hingga kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode 2018-2023.

“Meskipun belum ada deklarasi formal dilakukan (saat ini), seluruh kader Banser dan GP Ansor paham betul bahwa arah kebijakan politik organisasi untuk mendukung kader senior dalam putaran Pilgub Jatim 2018,” kata Alfa Isnaeni di Tulungagung, Senin.

Pernyataan Alfa disampaikan hanya selang dua hari setelah 1000 lebih kader GP Ansor berikut Banser Tulungagung menggelar pelantikan pengurus GP Ansor Tulungagung periode 2017-2021 di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Tulungagung pada Jumat (30/12). Ansor-Pemuda Muhammadiyah Kawal Pembangunan Masjid As-Sakinah Surabaya

Kesempatan itu dijadikan Alfa selaku komandan Banser tingkat nasional untuk menegaskan komitmen dukungan ormas yang dipimpinnya dalam putaran Pilkada Jatim maupun di level lokal, Pilkada Tulungagung.

Jika di tingkat provinsi Banser bersama GP Ansor disebutnya akan tetap “istiqomah” terhadap kebijakan organisasi dalam mendukung kader senior yakni Gus Ipul, di level lokal Tulungagung Alfa juga menyampaikan isyarat dukungan terhadap pasangan petahana Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo untuk maju lagi di putaran Pilkada 2018. Gus Ipul : Selawat Menghadirkan Syafaat di Hari Kiamat

Seperti halnya dengan Gus Ipul dalam konteks Pilkada Jatim (Pilgub), Alfa menyebut kedekatan idiologis pula yang membuat Banser mendukung pasangan petahana Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Tulungagung 2018.

Menurut Alfa, Syahri bukanlah figur baru bagi Banser karena pernah tercatat sebagai anggota Dewan Pembina Ansor bersama dirinya.

“Jelas kami akan mendukung kawan sendiri,”kata Alfa. Sempat Didemo, PDIP Akhirnya Umumkan Rekomendasi Cabup Tulungagung

Politisi asal Tulungagung ini menegaskan, dalam konteks pemilhan gubernur maupun pemilihan bupati/walikota, Banser memiliki sikap sendiri yang tak bisa diintervensi oleh kelompok manapun termasuk Partai Kebangkitan Bangsa.

Sebab di lain pihak, PKB Tulungagung telah menyatakan dukungan kepada Margiono sebagai calon bupati Tulungagung.

Politisi asal Tulungagung ini menegaskan, dalam konteks pemilhan gubernur maupun pemilihan bupati/walikota, Banser memiliki sikap sendiri yang tak bisa diintervensi oleh kelompok manapun termasuk Partai Kebangkitan Bangsa.

Sebab di lain pihak, PKB Tulungagung telah menyatakan dukungan kepada Margiono sebagai calon bupati Tulungagung.

Alfa mengklaim kedekatan Banser dengan Syahri Mulyo telah berlangsung sejak lama.

Bahkan Syahri memfasilitasi pelantikan pengurus Gerakan Pemuda Ansor Tulungagung di Pendopo Pemerintah Kabupaten Tulungagung akhir pekan lalu.

Selain mendapat dukungan Banser, pasangan Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo juga telah mendapat dukungan politik dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Saat ini pasangan tersebut juga tengah membangun komunikasi dengan partai politik lain untuk memenangi kontestasi pemilihan kepala daerah.

Sementara itu Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono hingga kini masih berkutat dengan calon wakil yang tak kunjung ditetapkan.

Satu-satunya partai yang telah menyatakan akan mendukungnya adalah PKB meski hingga kini juga belum mengeluarkan rekomendasi.(ant/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pilgub Jatim 2018, Banser Dukung Gus Ipul-Anas"