Piala AFF 2016, Thailand Tumbangkan Indonesia 4-2

bola

MANILA (suarakawan.com) – Indonesia menelan kekalahan 2-4 saat melawan Thailand dalam laga pembuka Grup A Piala AFF 2016, di Philippine Stadium, Bocaue, Sabtu (19/11).

Tiga dari empat gol Thailand dibukukan oleh Teerasil Dangda dan sisanya diciptakan Peerapat Notchaiya. Adapun dua gol Indonesia dicetak Boaz Solossa dan Lerby Eliandri.

Thailand menurunkan 10 pemain starter yang berhasil menahan imbang Australia 2-2 pada kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia, 15 November 2016.

Sementara itu, Indonesia yang bermain dengan skema 4-4-2, mengandalkan Boaz Solossa dan Lerby Eliandri di lini depan.

Berdasarkan statistik Labbola, Thailand yang notabene tim juara bertahan, mendominasi laga. Tim asuhan Kiatisak Senamuang itu unggul penguasaan bola hingga 61 persen.

Mereka pun tak butuh waktu lama untuk membobol gawang Indonesia. Saat laga baru berjalan empat menit, Indonesia sudah kebobolan akibat blunder bek tengah milik Persib Bandung, Rudolof Yanto Basna.

Kesalahan Yanto dimanfaatkan bek kiri Thailand, Peerapat Notchaiya, dengan melepaskan tembakan ke sisi kiri gawang Kurnia Meiga.

Berada dalam keadaan tertinggal membuat Indonesia termotivasi. Perlahan, skuat asuhan Alfred Riedl mulai tampil agresif dengan mengandalkan sektor sayap.

Indonesia pun sempat mengancam melalui aksi Boaz Solossa pada menit ke-19, meskipun pada akhirnya sanggup diantisipasi oleh kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan.

Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, Indonesia justru kembali kebobolan pada menit ke-36. Gol Thailand kali ini diciptakan oleh Teerasil Dangda.

Teerasil sukses mencuri bola yang gagal disapu oleh Yanto di garis gawang Indonesia. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 2-0 untuk Thailand.

Teerasil Dangda with the close-range finish to put #Thailand 2-0 up! #AFFSuzukiCup #THAvINA pic.twitter.com/lhA5BlwXun

— AFF Suzuki Cup (@affsuzukicup) November 19, 2016

Babak kedua menjadi momen bagi skuad asuhan Alfred Riedl untuk bangkit. Mereka melancarkan serangan yang membuat pertahanan Thailand kerepotan.

Setelah melakukan berbagai percobaan, Indonesia bisa memperkecil skor pada menit ke-53, melalui tandukan Boaz.

Berawal dari umpan crossing Rizki Ripora dari sektor kiri, bola kemudian sukses disundul oleh Boaz ke arah pojok kiri gawang Thailand.

Kesuksesan memperkecil kedudukan rupanya memberikan suntikan semangat bagi para pemain Indonesia.

Buktinya, tiga menit setelah gol Boaz, Indonesia kembali membobol gawang Thailand melalui gol Lerby.

#Thailand lead 3-2 and they respond with their own #MannequinChallenge celebration! #AFFSuzukiCup #THAvINA pic.twitter.com/2dbZWq4LWR

— AFF Suzuki Cup (@affsuzukicup) November 19, 2016
Pemain Pusamania Borneo FC itu sukses menanduk umpan silang Benny Wahyudi dari sisi kanan.

Akan tetapi, situasi tersebut tidak membuat pasukan Thailand tertekan. Sebaliknya, mereka sanggup memperlihatkan mentalitas tangguhnya.

Thailand sukses unggul kembali pada menit ke-79, melalui gol kedua Teerasil. Ia membobol gawang Indonesia dengan tembakan keras setelah mendapatkan sodoran Sarach Yooyen.

Pada masa injury time, Teerasil kembali mencatatkan namanya di papan skor. Ia menuntaskan umpan pendek rekannya di kotak penalti.

Kedudukan 4-2 untuk Thailand menjadi hasil akhir laga ini. Mereka pun untuk sementara memuncaki klasemen Grup A.(kc/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Piala AFF 2016, Thailand Tumbangkan Indonesia 4-2"