Pesawat Mata-mata AS Mulai Serang Libya

1 komentar 14 views

WASHINGTON – Amerika Serikat telah melakukan serangan pesawat mata-mata pertamanya di Libya pada Sabtu (23/4). Demikian kata Pentagon pada dua hari setelah menyetujui penggunaan pesawat tanpa pilot itu untuk membantu pemberontak yang memerangi pasukan pimpinan Libya Moamar Qadafi.

“Serangan Predator pertama di Libya terjadi hari ini pada saat masih siang waktu setempat (siang hari di bagian timur AS),” kata juru bicara pers militer AS dalam satu pernyataan yang dikirim ke AFP.

Satu pernyataan NATO mengatakan sebuah rezim peluncur banyak roket (MRL) di sekitar Misrata telah dihancurkan pada siang hari ketika sebuah pesawat pengintai ikut campur dalam serangan. “MRL telah digunakan terhadap (sasaran) sipil di Misrata. NATO mempertahankan tempo operasi yang tinggi,” katanya. “Kami telah menyerang serangkaian luas sasaran di negara itu — tank dan peluncur roket, kendaraan lapis baja dan perbekalan amunisi serta tempat komando dan kendali.”

Presiden AS Barack Obama telah menyetujui penggunaan pesawat pengintai yang membawa rudal ke Libya untuk alasan kemanusiaan. Aliansi militer NATO mengatakan pesawat mata-mata itu dan serangan tepatnya akan memberi pasukan koalisi opsi lagi.

“Penggunaan pesawat mata-mata akan lebih memudahkan untuk menyerang pasukan Qadafi di daerah perkotaan yang penuh sesak. Sebuah kendaraan seperti Predator, yang dapat turun lebih rendah dan dapat mencapai ID, akan membantu lebih baik kami melakukan misi dengan ketelitian dan ketepatan,” ujar seorang pejabat NATO. (AFP/iza)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Pesawat Mata-mata AS Mulai Serang Libya"