Persiapan Porprov 2015, Banyuwangi Bangun Stadion Baru

SURABAYA (suarakawan.com) – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan membangun stadion baru sebagai persiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2015 mendatang. Stadion baru itu dibangun di daerah Tawangwangu dengan menelan biaya Rp 100 Miliar.

“Tahun 2014, sudah mulai melakukan pembangunan stadion baru dan kita siapkan anggaran Rp 100 miliar,” kata Sekretaris KONI Banyuwangi, Choirul Abbas kepada wartawan disela-sela Rapat Anggota KONI Jatim di Hotel Utami, Rabu (9/10).

Rencana pembangunan stadion di daerah Tawangwangu itu sendiri terungkap saat dalam Rapat Anggota KONI Jatim di Hotel Utami. Tidak hanya membangun stadion baru, Pemkab Banyuwangi juga merenovasi stadion yang sudah ada dan akan dipakai untuk pertandingan.

Salah satunya adalah renovasi Stadion Diponegoro. Tahun 2013, stadion yang menjadi home base klub Divisi I Persiwangi itu menambah tribun penonton dan perbaikan rumput yang menghabiskan anggaran Rp 5 miliar. Sementara tahun 2014 sudah dialokasikan dana Rp 11 miliar untuk melengkapi lampu stadion.

“Kalau stadion baru nanti, disekelilingnya akan dibangun beberapa venus olahraga, seperti kolam renang. Dengan waktu dua tahun saya rasa cukup untuk melakukan pembangunan. Intinya kita sudah siap menjadi tuan rumah Porprov 2015, ” ujarnya.

Pada Porprov 2015 nanti, Banyuwangi menjadi tuan rumah Porprov sendirian. Sebelumnya, Porprov 2013 digelar di Madiun, namun didikung beberapa daerah penyangga seperti Magaten, Trenggalek, Nganjuk dan Pacitan. “Meski sendirian kita sekarang kita sudah siap menampung 6000 atlet dengan mempertandingkan 30 cabang olahraga, ” tandasnya.

Namun untuk masalah penginapan, berkaca pada Porprov sebelumnya diikuti total sekitar 8000 peserta, “Untuk kekurangan 2000 orang ini masih terus kita carikan solusinya. Ada beberapa hotel baru yang akan dibangun. Alternatif lainnya, kita siapkan home stay yang sekelas hotel dan layak untuk atlet,” paparnya.

Menanggapi Banyuwangi yang menjadi tuan rumah tanpa melibatkan daerah lain, Ketua Umum KONI Jatim, Erlangga Satriagung punyai pertimbangan sendiri. “Kalau dibantu daerah lainnya malah lebih repot karena jaraknya berjauhan. Beda dengan Madiun atau Malang,” tandasnya.

Sebagai tuan rumah, tambahnya, Banyuwangi tidak perlu khawatir, termasuk minimnya hotel yang dikhawatirkan tidak bisa menampung semua atlet. Apalagi ada penambahan lima cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan, KONI Jatim sudah menyiapkan antisipasi.

“Meski cabornya lebih banyak, bukan berarti jumlah peserta juga tambah. Kita akan perbanyak Pra Porprov sehingga peserta Porpov nanti tetap sama seperi sebelumnya,” tuturnya. (Bng/sk)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Persiapan Porprov 2015, Banyuwangi Bangun Stadion Baru"