Permudah Pengguna, Google Luncurkan GMail Motion

Paul McDonald, Product Manager Gmail, mengumumkan produk baru yang merupakan pengembangan dari Gmail, Jumat (1/4). Produk tersebut diberi nama Gmail Motion. Pengguna Gmail tidak perlu lagi menggunakan mouse dan keyboard untuk mengelola email. Cukup dengan menggerak-gerakkan tubuh maka Gmail akan mengenalinya sebagai perintah, lalu melaksanakan perintah tersebut.

Misalnya untuk membuka email bisa dilakukan dengan menggerakkan tangan seperti sedang membuka amplop. Lalu untuk membalas email tersebut cukup dengan menggerakkan jempol tangan kanan ke arah belakang telinga. Untuk membalas ke semua, gerakan tersebut dilakukan dua tangan sekaligus.

Untuk menulis pesan, lakukan gerakan-gerakan tertentu maka Gmail akan mengetik secara otomatis, kata per kata. Jika kata yang ditampilkan itu salah, kita bisa menghapusnya dengan menggelengkan kepala ke kanan dan ke kiri. Lalu untuk mengirimkan email itu bagaimana caranya? Peragakan gerakan seolah sedang menjilat amplop, menutupnya lalu jongkok sedikit, maka Gmail akan mengenalinya sebagai perintah mengirimkan pesan!

Teknologi yang dimanfaatkan Gmail Motion adalah kamera yang ada di komputer pengguna. Garakan-gerakan tubuh akan dideteksi dengan software body language recognition yang berada di balik Gmail Motion. Untuk mengembangkan produk baru ini Gmail melibatkan Dennis Tooley, Ph.D, ahli dari California Center for Kinesics and Paralanguage. Juga Lorraine Klayman, M.Sc, Environmental Movement Specialist dari Nevada Polytechnic College.

“Kami telah menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan Gmail Motion. Semoga bisa meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan Gmail,” papar McDonald di akhir presentasinya. Penasaran? Anda bisa lihat presentasinya di bawah ini.

[tube]Bu927_ul_X0[/tube]

Eits, jangan senang dulu. Ternyata itu tadi hanya guyonan ala Google untuk menyambut datangnya bulan April atau biasa disebut dengan April Mop. The New York Times, media kondang asal Amerika, memasukkan Gmail Motion dalam daftar April Fool’s Prank terbaik untuk tahun ini. Bayangkan saja, hanya dalam waktu 2 hari video presentasi McDonald di Youtube yang memaparkan Gmail Motion ini telah ditonton lebih dari 4 juta kali! (buo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *