Perlu Pelatihan Jurnalistik Lingkungan Untuk Media Surabaya

suasana diskusi lingkungan di Konjen AS

SURABAYA (suarakawan.com) – Setelah Mantan Gubernur Surabaya M. Noer wafat, bisa dikatakan warga Surabaya dan Jawa Timur kehilangan figur yang bisa ditokohkan.

Hal tersebut terungkap dalam dialong antara Michelle J. Morales, POL/ECON Officer Konjen Amerika dengan berbagai aktivis lingkungan seperti Ndaru Setyorini dari ECoton, wawan Some dari Komunitas Nol Sampah, Suryo pendiri PPLH Seloliman, Andreas Wicaksono dari Aliansi Jurnalis Independen, Suryantoko dari Wehasta dan Teguh Sri Ardianto serta Anas Pandu Gunawan dari Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL).

“Tak bisa dipungkiri, kehadiran M. Noer bisa memperkuat daya tarik masalah lingkungan sehingga media massa tertarik untuk memberitakan. Kalau sekarang kita harus cari strategi baru,” ungkap Suryo, salah satu pendiri PPLH Seloliman, Jumat (22/07).

Keluhan yang sama juga disampaikan Andreas Wicaksono yang juga jurnalis TV Swasta. Dirinya mengaku sering mengirimkan berita soal lingkungan namun jarang bahkan tidak pernah direspon oleh redaksi hingga ditayangkan oleh medianya.

Mengemas isu lingkungan agar media massa mau memberitakan menjadi salah satu topik bahasan dalam diskusi lingkungan tersebut. Michelle sendiri mengungkapkan bahwa di Amerika sudah banyak media massa yang concern dengan masalah lingkungan.”Saya belum tahu banyak bagaimana di Indonesia karena saya baru dua bulan disini,” paparnya.

Menanggapi kondisi tersebut, Wawan Some dari komunitas nol sampah menyatakan bahwa belajar dari pengalamannya soal AIDS, perlu pelatihan khusus bagi wartawan dan redaksi agar paham dan punya kepedulian terkait masalah lingkungan.

“Dahulu saya pernah ikut pelatihan soal AIDS untuk Jurnalis. Saya pikir hal serupa bisa kita lakukan untuk masalah lingkungan ini,” papar Wawan.

Menariknya, atas usulan tersebut, Michelle mengaku bahwa pihak Konjen Amerika siap memfasilitasi pelatihan jurnalistik lingkungan tersebut agar  pihak media semakin paham dan peduli masalah lingkungan adalah masalah besar yang mengancam kelangsungan hidup umat manusia.(jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Perlu Pelatihan Jurnalistik Lingkungan Untuk Media Surabaya"