Peringati Hari lingkungan Se-Dunia Warga Dinoyo Bersih-Bersih Sungai

Warga Dinoyo Menanam pohon Di pinggir kalimas

SURABAYA (suarakawan.com) – Dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh tiap 5 Juni, sekitar 100 orang yang  diikuti oleh Mahasiswa Narotama Surabaya  serta warga Dinoyo Surabaya RT 6,RT 4, RT 3 melakukan aksi di  jembatan dinoyo dan berorasi serta membawa poster. Poster tersebut dibentangkan di jembatan dinoyo atau di atas sungai Kalimas yang bertuliskan diantaranya “Sungaiku Bukan WC Umum”, Surabayaku Bersih dan Hijau”.

Menurut Iksan, koordinator aksi ini mengatakan, bahwa aksi ini bukan unjuk rasa namun sekedar mengingatkan pada masyarakat Surabaya agar senantiasa menjaga kebersihan sungai sungai yang ada di Surabaya serta tingkatkan penghijauan mengingat udara di Surabaya sudah terasa panas.

Dalam aksi ini warga juga melakukan penanaman pohon di sepanjang pinggir sungai Jalan Dinoyo, dan melakukan kebersihan sungai dengan membawa dayung.

“Ini hanya peringatan untuk masyarakat agar senan tiasa menjaga Surabaya tetap bersih dan hijau mengingat udara di Surabaya sudah begitu panas.” terang Iksan, Minggu (05/06).

Aksi ini juga diwarnai acara penanaman pohon oleh warga  yang melakukan bersih sungai dan diakhiri  dengan pelepasan bebek. Kemudian juga dilakukan pengecatan pagar jembatan Dinoyo agar tampak bersih dan indah.

Saat ini sebagian peserta aksi masuk ke kampung kampung yang ada dipinggir sungai dengan membawa cangkul untuk mengajak warga melakukan bersih bersih sungai.

Namun demikian, aksi simpatik  ini sempat mengganggu arus lalu lintas di sekitar jalan Dinoyo tepatnya mulai dari SPBU Dinoyo sampai jembatan menuju jalan Ngagel. (BS/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *