Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Peringatan Mayday di Surabaya Tak Ada Demo Besar-Besaran

27 Apr 2017 // 18:26 // DAERAH, HEADLINE, PERISTIWA

20170427_114554

SURABAYA (suarakawan.com) – Peringatan hari buruh sedunia atau Mayday 2017 yang jatuh pada 1 Mei, diperkirakan tidak akan ada unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan oleh buruh di Surabaya. Buruh akan merayakan May Day di daerahnya masing-masing.

“Kalaupun ada demo buruh, tak sebesar dari tahun-tahun sebelumnya. Nanti pas mayday, seluruh buruh di Kabupaten/Kota akan demo di daerahnya masing-masing,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, Sukardo kepada wartawan di Surabaya, Kamis (27/4).

Menurutnya, untuk peringatan mayday kali ini, Gubernur Jatim Soekarwo juga telah berkirim surat ke seluruh ketua federasi serikat pekerja dan bupati/walikota agar perayaan serupa juga dilakukan di daerah masing-masing. Misalnya perayaan mayday di Sidoarjo, Gresik, Pasuruan dan Mojokerto.

Dengan demikian, massa buruh bisa terbagi tidak hanya terpusat di Surabaya saja. “Di Sidoarjo, serikat pekerja rokok dan makanan minuman memutuskan untuk merayakan mayday di GOR Delta, Sidoarjo dan akan dihadiri langsung oleh Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dakiri,” tuturnya.

Untuk mematangkan proses pengamanan perayaan mayday, perwakilan buruh juga akan diundang untuk mengikuti rapat koordinasi bersama gubernur, kapolda dan pangdam di Polda Jatim pada hari Jumat (28/4). “Besok, 35 Serikat Pekerja (SP) rapat bersama pak gubernur, kapolda dan pangdam,” sergahnya.

Perayaan mayday 2017 di Surabaya, akan dipusatkan di depan Kantor Gubernur Jalan Pahlawan Surabaya, Senin (1/5). Sebuah panggung berukuran besar 15×20 juta akan dibangun dilengkapi dengan beberapa tumpeng berukuran besar.

Selain itu, Disnakertrans Jatim juga akan menyiapkan aneka hiburan. Sehingga, ribuan buruh yang akan datang di lokasi perayaan mayday benar-benar bisa merayakan peringatan hari buruh sedunia ini dengan gembira.

Peringatan mayday kali ini akan dimulai dengan doa bersama atau istighosah, kemudian potong tumpeng dan akan dilakukan orasi bergantian oleh masing-masing perwakilan serikat pekerja. “Pak Gubernur secara langsung akan menemui para buruh dari atas panggung bersama dengan Pak Wagub, Kapolda, Pangdam, dan Ketua DPRD Jatim,” jelasnya. (Bng/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini