Perawat Indonesia Bekerja di Kota Terlanda Tsunami

1 komentar 5 views

SENDAI –  Seorang perawat Warga Negara Indonesia (WNI) bekerja di sebuah kota yang terkena dampak gempa dan tsunami tanggal 11 Maret di Jepang Timur, dengan harapan dapat menggunakan pengalamannya merawat para korban tsunami Aceh tahun 2004.

“Setelah bencana tsunami tahun 2004, saya bekerja sebagai perawat di wilayah-wilayah yang terkena dampak tsunami di Indonesia”, ujar Suwarti.

Suwarti mulai bekerja di tempat pengungsian di kota Yamada Provinsi Iwate setelah tiba di sana beserta rekan-rekannya hari Minggu (24/4). Ia datang ke Jepang tahun 2008 di bawah payung kerja sama perjanjian kemitraan ekonomi Indonesia-Jepang. Suwarti lulus ujian perawat Jepang bulan Maret lalu, dan bekerja di Rumah Sakit Palang Merah di Himeji, Jepang Barat.

Di kota Yamada, Suwarti mengunjungi para pengungsi, menanyakan kondisi fisik mereka menggunakan bahasa Jepang yang fasih. Ia juga menunjukkan pesan penyemangat yang ditulis oleh warga Indonesia yang tinggal di Jepang.

“Dokter-dokter Jepang saat itu membantu warga Indonesia, terutama psikologis bagi para korban selamat sama pentingnya seperti suntikan dan infus”, tambah Suwarti. (NHK/ara)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Perawat Indonesia Bekerja di Kota Terlanda Tsunami"