Peran Orang Tua Tentukan Kesehatan Anak

dokter maya tengah memeriksa gigi seorang siswa

SURABAYA (suarakawan.com) – Aura Diva Angela Lovely Rorong (3 tahun) langsung membuka mulutnya saat dr. Dewi Maya Dianingsih memasukkan alat periksa gigi berupa kaca pada bocah berusia 3 tahun tersebut.

“Aura sudah sikat gigi tadi pagi?” tanya Dewi. Bocah itu menjawab dengan anggukan. Dewi kemudian mengatakan gigi Aura sangat baik. Tidak ada satu pun gigi yang rusak.

“Terus rajin menyikat giginya ya, Aura, biar giginya tidak sakit,” kata dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Jember tahun 2007 ini.

Setelah Aura, siswa lain Playgroup Citra Kusuma mendapat giliran pemeriksaan kesehatan, mulai dari gigi, telinga, hidung, kulit, mulut, leher sampai gizi tumbuh kembang.

Ya, Sabtu (11/6) pagi, seluruh siswa Baby House dan Playgroup Citra Kusuma yang berlokasi di Asemrowo Sekolahan 15 ini
menjalani pemeriksaan kesehatan bekerjasama dengan Puskesmas Asemrowo.

“Kegiatan ini dilakukan setiap semester, Desember dan Juni,” kata Kepala Baby House dan Playgroup Citra Kusuma Widyani Kusumayanti, S.Psi, Psikolog.

Menurut pendidik yang akrab dipanggil Bunda Widya ini, sekolah tidak hanya memberikan pengajaran kepada anak didiknya. Namun menjaga kesehatan juga penting. Karena itu, enam bulan sekali, kondisi kesehatan siswa wajib diperiksa.

Dari pemeriksaan itu, misalnya, nanti dokter menentukan apa ada yang perlu dicabut agar bentuk gigi nanti menjadi bagus. Atau hanya sekedar ditambal untuk mencegah kerusakannya semakin parah.

“Hasil pemeriksaan kesehatan ini nantinya akan diberikan pada orang tua siswa,” kata Bunda Widya.

Sementara itu, Dewi menghimbau pada orang tua agar  mengatur pola makan anaknya. Misalnya, anak-anak boleh saja mengomsumsi makanan yang manis. Tapi, setelah itu anak harus minum air putih agar tidak rusak.

Ditambahkan dokter yang sudah 3 tahun berdinas di Puskesmas Asemrowo ini, banyak orang tua yang memberikan anaknya minum susu dengan dot sampai tertidur. Padahal, kebiasaan itu tidak bagus. Pola minum susu seperti itu bisa merusak gigi si kecil.

“Gigi susu itu tanggung jawab orang tua. Dan orang tua punya kewajiban untuk merawat gigi susu buah hatinya agar sehat serta bagus,” ujar dokter yang masih lajang ini.(jto/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *