Penyakit Misterius Renggut Banyak Nyawa Anak di Kamboja

KAMBOJA (suarakawan.com) – Para orangtua di Kamboja sedang dilanda kecemasan. Sejak April lalu, puluhan anak tewas akibat penyakit misterius. Dokter di sana, tidak bisa menebak apa yang merenggut banyak nyawa para bocah itu.

Kondisi ini membuat Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) turun tangan. Dalam pernyataan bersama WHO dengan Kementerian Kesehatan Kamboja disebutkan, ada 61-62 anak yang dirujuk ke rumah sakit meninggal akibat penyakit yang sama, yang namanya belum diketahui. Kasus ini banyak menimpa wilayah selatan dan tengah Kamboja.

“Kementerian dan WHO sedang menyelidiki kasus ini,” kata Menteri Kesehatan Kamboja, Mam Bunheng, seperti dimuat CNN, Jumat (07/07). “Kemungkinan penyebab penyakit ini sedang dipikirkan. Namun, penyebab persis dan sumbernya mungkin butuh waktu sebelum akhirnya bisa terungkap.”

Laporan awal dari pemerintah Kamboja, kelompok rentan terserang penyakit ini adalah anak-anak berusia di bawah 7 tahun.

Gejala serupa dialami para korban. “Termasuk campuran penyakit pernafasan, demam, gejala neurologis umum, termasuk kejang-kejang pada sejumlah pasien,” kata Dr. Nima Asgari, kepala kantor perwakilan WHO di Kamboja.

Anak-anak yang terserang penyakit misterius itu dibawa ke rumah sakit di ibukota, Phnom Penh, dan ke utara, ke pusat pariwisata Siem Riep, dua kota terbesar di Kamboja. Namun kebanyakan dari mereka tak tertolong, meninggal dalam waktu 24 jam sejak dirawat.

“Ini bisa jadi campuran sejumlah penyakit yang sudah dikenal — virologi (virus), bakteri, atau toksikologi — yang telah dilaporkan sebagai satu sindrom. Atau, sesuatu yang benar-benar baru,” kata Asgari.

WHO memberi dukungan pada pemerintah Kamboja untuk melakukan analisis mendalam untuk mengidentifikasi faktor penyebab, yang bisa memberi gambaran lebih baik soal penyakit ini. “Penyelidikan sedang dilakukan,” kata dia.

Asgari menambahkan, sejauh ini tak ada tanda-tanda penyakit ini menular. Namun, dia menekankan, angka kematian tinggi akibat penyakit ini sangat mengkhawatirkan. (SK/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Penyakit Misterius Renggut Banyak Nyawa Anak di Kamboja"