Pentingnya Sehat Dalam Puasa

Tidak ada komentar 11 views

oleh M. Zulfi Azwan

Rasanya baru kemarin, tanpa terasa sudah tiga hari kita menjalani ibadah puasa di bulan suci ramadhan yang penuh rahmat, barokah dan karuniaNya Allah SWT.

Bagi kalangan ummat muslim sudah barang tentu sangat bahagia dalam menyambut bulan ramadhan ini, akan tetapi apakah di dalam puasa selalu juga untuk memperhatikan kesehatannya?….

Walaupun puasa itu adalah kesehatan yang sangat luar biasa, sebagai pedoman haqqul yaqin dan ‘ainul yaqin untuk ummat Islam di seluruh dunia.
Mengapa sehat sangat penting, tidak salah dalam bahasa yunani mengatakan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat (men sano in corpora sano).

Maka puasa bukan berarti memberhentikan aktivitas akan tetapi olahraga juga sangat penting dalam menunjang kesehatan selain puasa dengan menyesuaikan waktu, phisik dan yang terbaik buat dirinya masing-masing.

Sebenarnya puasa secara tidak langsung memberikan arti tentang hidup & kehidupan  antara lain:
1.    Bersyukur,  bahwa Allah SWT telah menciptakan mutiara kehidupan untuk ummatnya supaya dapat memberikan arti kesehatan baik langsung dan tidak langsung, karena dalam kurun waktu yang secara terus menerus kita mengkonsumsi makanan & minuman dari tahun ke tahun tanpa batas tetapi di dalam satu tahun ada satu bulan untuk kita sejenak berhenti melainkan kita diletakkan disiplin waktu untuk makan dan minum saat
berbuka puasa sekaligus untuk memulai puasa kembali kita melakukan sahur.
2.    Ketaqwaan haqiqi, artinya di dalam satu bulan ini mengingatkan
kita sebagai insan hamba Allah SWT yang selalu bertafakkur dan meningkatkan ketaqwaan serta memperbanyak amal ibadah  kepada Allah SWT.  Karena di dalam waktu satu tahun ini betapa sebagai ummat manusia  banyak melakukan aktivitas duniawi sehingga dalam satu bulan ini melebihi dari sebelas bulan untuk selalu berusaha dan berupaya melakukan yang lebih terhadap sang kholiq (Allahu Jalla Jalaluhu).  Inilah karunia yang kadang mungkin tidak terfikirkan di benak kita semua, seperti halnya melakukan puasa, berbagi sedekah, sholat tarawih, membaca al-Qur’an bersama (tadarrus) serta pahala yang berlipat ganda.
3.    Instropeksi, mengapa instropeksi artinya bagaimana dalam kurun waktu berjalan selalu mengingatkan sebagai manusia yang tiada artinya di mata Tuhan. Melainkan bagaimana setiap insan selalu mengkaji dirinya setiap saat baik hubungannya dengan Tuhan dan hubungan dengan ummat manusia yang lain. Karena tidak dapat dipungkiri ada hal-hal yang
selalu untuk ingat akan kebesaran Allah SWT sebagai mana hadits Rasulullah SAW; “ man ‘arofa nafsahu faqod ‘arofa Robbahu
artinya kenalilah dirimu maka kamu kenal dengan Aku.”

Sehingga sebagai ummat Allah (manusia) mungkin terlena atau lupa
maka hadirnya bulan Ramadhan untuk kembali mensucikan dan memohon ampun
walaupun di bulan-bulan yang lain selalu juga untuk memohonNya. Akan tetapi instropeksi bukan hanya individu terhadap sang Pencipta (AllahuAkbar), termasuk hubungan dengan sesama yang juga menjadi perhatian sesungguhnya diantaranya;  lingkungan sekitarnya, rumah Allah (masjid), anak-anak yatim serta fakir miskin untuk membangun hati, peduli dan berbagi rasa, memberi dan kasih buat ummatnya yang lain.

Karena Allah tidak membedakan di antara kita melainkan bagaimana ketaqwaannya, disamping itu ummat Islam selalu memperbaiki dan merubah arti makna kehidupan, kesehatan dan jati dirinya sebagaimana firman Allah SWT dalam konsepnya, Innallahala yughoiyiruma biqoumin hatta yughoiyirumaa bianfusihim artinya sesungguhnya Allah SWT tidak merubah sesuatu kaum kalaum kaumnya tidak merubahnya sendiri. Semoga
bermanfaat buat diri kami dan semua, bagaimana anda?

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pentingnya Sehat Dalam Puasa"