Penjual Panduan Soal Masuk Unair Panen

Tidak ada komentar 32 views

calon mahasiswa tengah memilih buku panduan soal masuk Unair

SURABAYA (suarakawan.com) – Ribuan calon Mahasiswa yang mendaftar seleksi Jalur Mandiri 1 di Kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ternyata membawa berkah bagi penjual panduan soal seleksi. Mereka datang ke Kampus di Jalan Dharmawangsa untuk berjualan buku panduan itu.

Terlihat di lokasi, puluhan penjual panduan soal ini datang ke kampus tersebut sejak verifikasi itu dibuka. Mereka ada yang berjualan keliling ke setiap calon mahasiswa yang datang dan ada juga yang digelar di sekitar pintu masuk.

Panduan soal seleksi itu terdiri dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC). Per eksemplar panduan soal-soal itu dipatok dengan harga sebesar Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu.

Rina (35), salah satu penjual mengaku, momentum ini hanya terjadi setiap satu tahun sekali. “Jualan soal ini hanya sampingan saja. Daripada nganggur dirumah mas. Lumayan hasilnya buat jajan anak-anak,” kata wanita yang tinggal di Jalan Kenjeran, Surabaya.

Ia juga mengatakan, panduan soal yang dijualnya itu memang dibutuhkan oleh calon mahasiswa. Mereka, biasanya lebih mudah belajar dengan menggunakan panduan soal ini. Otomatis, test persiapan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi lebih mudah.

Dalam menjual panduan soal ini Rina dan sejumlah penjual dikirimi barang dari salah satu agen. “Kami disini hanya menjualkan barang-barang ini dan mengambil keuntungan sendiri. Kalau tidak habis ya kembali mas,” tutur ibu satu anak ini.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Ali (25), penjual panduan soal asal Jalan Dharmawangsa. Namun Ali menjual dagangannya dengan cara digelar dipintu masuk. Selain menjual panduan soal itu, Ali juga menjual keperluan selama pendaftaran seperti Lem, Bulpoin, Materei serta Map.

“Untuk materei Rp 6000 dijual dengan harga Rp 7000 dan Map warna merah dan biru ini saya jual dengan harga Rp 2000,” katanya.

Rencananya para penjual ini akan berjualan di Kampus Unair hingga menjelang Ujian jalur mandiri yang akan digelar pada 3 Juli mendatang dan akan berlanjut pada Jalur Mandiri 2. Mereka rata-rata penjual musiman yang hanya memanfaatkan momen ini.(bs/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Penjual Panduan Soal Masuk Unair Panen"