Penipu Tertipu, Tertangkap Polisi

Tidak ada komentar 5 views

salah satu tersangka komplotan penipu bersama petugas

SURABAYA (suarakawan.com) – Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga. Apes bagi komplotan penipu peralatan elektronik yang biasa beroperasi di Hi-Tech Mall, Kawanan penipu tersebut diringkus oleh jajaran Reskrim Polsek Sawahan, setelah dijebak oleh korbannya sendiri.

Menurut  Kanit Reskrim Polsek Sawahan, AKP Gatot Setia Budi  dalam penangkapan kali ini pihaknya hanya berhasil menangkap satu diantara empat komplotan tersebut.

“Dalam beraksi, komplotan penipu tersebut biasanya berjumlah empat orang. Yakni,, Fendi Halim (56) warga Penjaringan Kedung Panjang Jakarta Utara, Budi, Rahmat, dan Ahong. Mereka semuanya kos di kawasan tandes. Dari ke empat nama itu hanya Fendi yang berhasil kita tangkap. Yang lainnya masih buron,” ujarnya, Rabu (06/07).

Dalam melakukan penipuan ini, masing-masing orang dalam komplotan tersebut memiliki tugas dan peran. Modusnya, salah satu tersangka berpura-pura memesan barang pada salah satu toko di Hi-Tech Mall. Mereka memesan barang dalam jumlah banyak dan bernilai tinggi seperti hardisk, laptop dan lain sebagainya.

Setelah tercapai kesepakatan harga, barang kemudian diantarkan ke tempat yang sudah ditunjuk oleh pelaku. Untuk pembayaran  setelah barang sampai ditempat tujuan. Namun, setelah barang sampai ditempat tujuan, bukannya langsung dibayar, namun tersangka berupaya mengalihkan perhatian, dengan menyatakan pembayaran akan dilakukan oleh rekannya.

“Setelah barang diterima, fendi minta korbannya mengikuti salah seorang rekannya,  untuk berpura-pura melakukan pembayaran di ATM. Namun, belum sampai di ATM, orang yang mau ke ATM tadi menghilang dengan berpura-pura akan membeli rokok,” tambah Kapolsek Sawahan Kompol Aris Yuda Legawa.

Sukses menipu, komplotan Fendi ini langsung menjual barang tersebut ke Jakarta. Hasilnya, langsung dibagi rata oleh empat tersangka tersebut. Namun, bukannya berpindah sasaran, komplotan penipu tersebut kembali beraksi dilokasi yang sama.Sehinga  disadari oleh korbannya. Tak ingin tertipu ke dua kalinya, korban yang bernama Fandi Agra ini, berupaya memastikan sang pemesan barang.

Setelah yakin pemesan merupakan orang yang sama dengan yang menipunya, ia pun langsung mengajak polisi untuk menangkap tersangka. “Tersangka Fendi memesan barang untuk diantar dikawasan Kenjeran,  akhirnya Fendi pun langsung kita tangkap,”tambah Kapolsek.(wis/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Penipu Tertipu, Tertangkap Polisi"