Pengusaha Indonesia Jangan Hanya Jago Kandang

SURABAYA (suarakawan.com) – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) meminta pengusaha Indonesia jangan hanya jadi jago kandang dan menjadi tamu di negeri sendiri. Tapi harus mampu bersaing di era globalisasi.

“Ibaratnya jangan hanya berjaya di negeri sendiri,” kata Bendahara ICMI Pusat, Sandiaga S Uno kepada wartawan usai Silaturrahim Wilayah (Silatwil) ICMI Jatim di Hotel Singgasana, Surabaya, Sabtu (03/03).

Untuk mensukseskan hal itu, menurutnya, sekarang ini ICMI sedang membuka program kewirausahaan saudagar muslim. Salah satunya adalah menjadi launching TED terhadap kemampuan saudagar muslim untuk bersaing di pasar global. Secara kongkritnya, ICMI akan memberikan akses pendanaan dan memberikan akses terhadap pasar kepada saudagar muslim.

“Tujuannya agar saudagar muslim mampu tidak hanya jago kandang, tapi bersaing di pasar regional dan internasional. Target kita di Jatim 10 ribu. Untuk pengusaha go international, kalau dapat 10 persen dari 10 ribu pengusaha itu sudah bagus,” jelasnya.

Di sisi lain, Sandiago menyoroti rencana kenaikan harga BBM bulan April mendatang. Menurut dia, BBM itu suatu keniscayaan dan dunia usaha butuh kepastian dan bisa mengira-ngira jumlah dampaknya terhadap ongkos produksi. Kalau naiknya 10 persen, mungkin kita bisa melihat kenaikannya bisa diprediksi lebih lama.

“Jadi, buat kita keputusannya perlu cepat, tegas dan ada kepastian. Subsidi kepada masyarakat miskin itu tepat, bukan subsidi produk lagi, tapi subsidi kepada yang membutuhkan,” paparnya.

Terkait munculnya dukungan terhadap kalangan muda menjadi calon presiden, CEO Saratoga Recapital ini mengaku tidak tertarik jika dirinya didorong untuk maju sebagai calon presiden (Capres) dari kalangan Muda. Dia lebih tertaik untuk berkonsentrasi terhadap pekerjaannya.

“Sebaiknya saya tak kerja saja. Bekerja buat ICMI. Justru, yang lebih cocok itu Pak Ilham Habibie. Nama dibelakngnya sudah pernah jadi tokoh nasional dan menteri,” kilahnya.

Belakangan memang banyak pihak yang menginginkan kalangan muda layak dicalonkan menjadi capres pada Pilpres 2014 mendatang. Selain Sandiaga Uno juga muncul sejumlah nama seperti Lukman Hakiem Saifuddin (Wakil Ketua MPR), Anas Urbaningrun (Ketua DPP Partai Demokrat) dan sejumlah nama lainnya. (Bng/jto)

Keterangan foto: Bendahara ICMI Pusat, Sandiaga S Uno. (Bng)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pengusaha Indonesia Jangan Hanya Jago Kandang"