Pengelola Wisata Akui Manfaat Pelatihan Disparta

SURABAYA (suarakawan.com) – Memang tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi seorang yang bertugas melayani masyarakat bukanlah hal mudah. Kesabaran dan ketelatenan mutlak dibutuhkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu pelatihan berupa Bimbingan Teknis Pelatihan Pelayanan Prima yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya hari ini (16/02) di sambut baik oleh para peserta yang notabene merupakan mereka yang berhubungan langsung dengan pengunjung.

“Saya senang sekali dengan adanya pelatihan seperti ini, saya jadi tahu bagaimana cara menerima pengunjung yang benar, ramah dan harus selalu sopan,” kata Murtiningrum, salah satu peserta perwakilan dari Makam Pahlawan Nasional Dr. Soetomo yang berada di Jalan Bubutan Surabaya.

Sebagai seorang yang bertugas melayani pengunjung untuk mengetahui lebih jauh tentang Makam Dr. Soetomo, Murtiningrum mengaku tidak memiliki kesulitan walaupun hanya dia sendiri yang bertugas menerima pengunjung. “Tugas saya adalah menceritakan sejarah hidup Dr. Soetomo dan mengajak pengunjung berkeliling,” kata Murtiningrum yang kini usainya mencapai kepala 6 ini.

Dalam pelatihan ini, Goesmiharta salah satu pembicara memberikan tips tips bagaimana melayani pengunjung dengan baik. “Kita ini harus seperti pramugari, setiap saat harus senyum, bahkan pas tes masuknya harus diukur senyumnya berapa lebar,” kata Goesmiharta.

Menurut Murtiningrum pelatihan yang diberikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini merupakan yang pertama kali ia ikuti. “Biasanya dinas pariwisata mengadakan acara kumpul dengan pengelola untuk mengetahui perkembangan dan kendala dilapangan,” tambahnya. Namun dengan adanya pelatihan kali ini Murtiningrum sangat senang, terlebih dia harus menyiapkan generasi penerus yang akan melanjutnya pekerjaannya kali ini.

“Saya harap akan lebih banyak acara pelatihan dan pembekalan seperti ini, supaya pelayanan kepada pengunjung menjadi lebih baik lagi, selain itu acara ini dapat menjadi forum curhat bagi para pengelola wisata,” harapnya.(din/jto)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pengelola Wisata Akui Manfaat Pelatihan Disparta"