Pengebom Bunuh Diri Itu Muchamad Syarif?

Tidak ada komentar 9 views

JAKARTA – Siapa pria nekad yang meledakkan diri di tengah salat Jumat di Masjid Az Dzikra,  kompleks Mapolresta Cirebon, Jumat lalu, masih teka-teki.  Keterangan pers terakhir yang digelar Mabes Polri, masih menyisakan tanda tanya benarkah lelaki itu adalah MS alias Muchamad Syarif.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Anton Bahrul Alam mengatakan proses uji DNA masih dilakukan di RS Polri Kramat Jati. “Jadi kita masih harus menunggu,” kata dia di Mabes Polri, Minggu, (17/4). “Untuk memastikan tersangka yang diduga bom bunuh diri benar-benar Muchammad Syarif.”

Anton menjelaskan, menurut standar internasional, pemeriksaan DNA bisa memakan waktu antara 3-12 hari. Saat ini, kepolisian telah mendapatkan DNA dari orang tua Syarif–ayah kandungnya, Abdul Kadir, dan ibu kandungnya, Srimulat.

Polisi belum merasa perlu membawa keduanya ke Jakarta karena, masih kata Anton, “Kami belum bisa memastikan apa benar (jasad pelaku) putranya, meski fotonya sama.”

Nada lebih pasti terdengar di Cirebon. Kapolda Jawa Barat Irjen Suparni Parto mengatakan dari penyidikan yang dilakukan pihaknya, diyakini pengebom bunuh diri itu memang Syarif. “MS kami meyakini, karena persentasenya sekitar 90 persen,” kata dia saat mendampingi Menteri Kesehatan di RS Pelabuhan Cirebon, Minggu, (17/4).

Namun, siapa tepatnya dia, Suparni pun menyatakan akan memastikannya dahulu melaui tes DNA. “Sehingga bisa kami yakini betul-betul itu MS atau bukan,” ujarnya.

Menurut dia, tes dengan mencocokkan DNA jasad pengebom dengan orang tua dan adik Syarif sudahlah memadai. “Itu akan memberikan keyakinan dengan tingkat kesalahan 0,02 persen. Kalau cocok, bisa kita yakini itu memang keluarganya,” ujar Kapolda. (vi/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pengebom Bunuh Diri Itu Muchamad Syarif?"