Peneliti Temukan 8 Ikan Baru di Laut Bali

Tidak ada komentar 11 views

Terumbu Karang (ilustrasi)

DENPASAR-Para ilmuwan dari Conservation International telah menemukan delapan ikan baru dan satu spesies karang baru dari pulau Bali.

Spesies baru tersebut termasuk belut dan damsels, ikan kecil warna-warni yang terselip antara cabang karang. Keberadaan mereka membuat penampilan terumbu karang yang memiliki peran penting dalam ekologi  semakin memukau.

“Kami telah melaksanakan survei laut di 33 lokasi di seluruh pulau Bali. Kami telah mengidentifikasi 952 ikan karang, dan di antara mereka kami menemukan delapan spesies baru,” tim penasehat senior Mark Van Nydeck kata Erdman.

Survei tersebut dilakukan di lepas pantai timur pulau wisata populer di Tulamben yang merupakan  situs penyelaman terkenal, serta Nusa Dua, Gili Manuk dan Pemuteran, pada kedalaman 10 sampai 70 meter (11-77 meter).

Erdmann mengatakan spesies ikan baru belum diberi nama tapi mereka berada di genus dari Siphamia, Heteroconger, Apogon, Parapercis, Meiacanthus, Manonichthys, Grallenia dan Pseudochromis.

Dalam dua minggu mereka-survei kelautan yang telah berakhir hari Rabu, tim juga menemukan spesies baru Euphyllia atau karang gelembung.

Indonesia adalah kepulauan besar dari 17.000 pulau yang merupakan bagian dari Coral Triangle yang disebut, sebuah daerah yang kaya keanekaragaman hayati laut yang dianggap penting bagi kelestarian laut dan stok pangan global.(cna/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Peneliti Temukan 8 Ikan Baru di Laut Bali"