Pendidikan Politik Di Era Reformasi

Tidak ada komentar 14 views

SIDOARJO (suarakawan.com)-Prakarsa Bakesbang Propinsi Jawa Timur mengadakan diskusi dengan tema Pendidikan Politik Masyarakat di Era Reformasi. Diskusi ini digelar di Hotel Utami, Kamis (16/06).

Kepala Bakesbang Zainal Muttaqin dalam sambutannya melihat fenomena partai politik perlu mempunyai terobosan visioner peran politiknya di masyarakat sehingga sebagai cerminan yang mempunyai etika moral yang tinggi untuk perjalanan demokrasi di Indonesia.

Disamping itu hadir sebagai pembicara Drs. Endang Kusumadji MM, Drs. Haryadi, M.si. Kusnadi, MH, Dr. Ibnu Tricahyo, SH, MH. Drs. Mahmud yang dimoderatori Sri Ayu Astutik, SH, M.Hum.

“Bahwa ada ilmu hukum dan ada tafsir hukum yang akhirnya multi tafsir sistemik sehingga timbul perdebatan maka jalan keluarnya diambil tafsir histori untuk ditemukanĀ  keaslian dan menjadi kebenaran, “jelas Ibnu tricahyo.

Namun ada tafsir sosiologis sebagai kebutuhan dasarnya menurut Dr. Ibnu, panggilan akrabnya, harus dengan tafsir konstitusional dari berbagai lapisan dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif dan pemilihan kepala daerah yang mengutamakan rasionalitas.

Sementara pembicara lain, Dr. Hariadi mengatakan optimalisasi kinerja partai politik maupun menjadi solusi bukan problem tantangan reformasi dalam konteks globalisasi sebagai transformatif dan kontributor kemakmuran dan keadilan.

“Dengan menghandalkan marketing political skill artinya persiapan jika sang politikus sudah tidak lagi menjabat di arena utusan partai politik,”jelasnya. (iza/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pendidikan Politik Di Era Reformasi"