Pendaftaran SNMPTN Capai 40 %

Tidak ada komentar 9 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Pendaftaran jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012 awal Februari lalu mulai di beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya mulai tinggi diminati oleh masyarakat saat ini sudah mencapai 40%.

Ketua Panitia SNMPTN ITS Surabaya, Herman Sasongko juga mengaku, untuk jalur undangan SNMPTN, pihaknya sudah mendapati 300 siswa dari kuota 655 orang. Dalam hal ini, ITS menekankan agar siswa dan sekolah bisa menyerahkan persyaratan yang telah terseleksi terlebih dahulu di sekolah.

“Tapi, jalur undangan ini masih lama hingga nanti tanggal 8 Maret depan. Jadi, masih ada waktu untuk sekolah bisa selektif sebelum mendaftarkan siswanya,” tutur Pembantu Rektor I ITS ini di Surabaya Senin (20/02).

Dikatakannya, siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya layak mendapatkan kesempatan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik. SNMPTN juga memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah untuk menjadi bagian pelaksana seleksi awal di tingkat sekolah.

Jalur undangan SNMPTN ini merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan.

Jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat. Sedangkan, sekolah yang berhak mengikuti jalur undangan adalah sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN.

Dalam modul SNMPTN juga memberi kesempatan kepada sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan. Caranya, dengan mengajukan permohonan tertulis kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah. Sedangkan, persyaratan sekolah adalah tingkat SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta yang terakreditasi oleh BAN-SM.

Syarat lainnya adalah, siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan mengikuti UN pada tahun 2012. Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah dengan ketentuan berdasarkan akreditasi.

Sementara itu Wakil Rektor I, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Achmad Syahrani mengatakan saat ini  masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya yang melaksanakan SNMPTN menggunakan beberapa kriteria aturan. Sisi lain dalam seleksi penerimaan mahasiswa SNMPTN ini, masing-masing PTN juga menyediakan pagu yang disesuaikan dengan daya tampung PTN.“Sebenarnya sih belum ada petunjuk dari pusat tentang aturan penyeleksian. Jadi, masing-masing PTN yang membuat criteria aturannya,” jelasnya. (aca/jto)

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pendaftaran SNMPTN Capai 40 %"