Pemprov Tertibkan Sekolah Yang Akreditasi Rendah

SURABAYA (suarakawan.com) – Banyakanya sekolah-sekolah yang berdiri di Jatim mendapat perhatian dari Komisi E DPRD Jatim. Pemprov jatim akan menertibkan sekolah-sekolah di Jatim yang akreditasinya dianggap tidak layak. Akreditasi sekolah-sekolah di jatim akan diatur dalam raperda sistem pendidikan yang saat ini masih dibahas oleh Komisi E DPRD Jatim.

Ketua Komisi E DPRD Jatim, Akhmad Iskandar mengatakan, akreditasi sekolah akan mendapatkan evaluasi dari pemprov melalui Diknas Jatim. Jika akreditasi dinilai kurang memenuhi persyaratan atau tidak layak, terancam akan dieliminasi.

“Dengan adanya akreditasi sekolah yang baik, seperti akreditasi a, atau b, tentunya sistem pengajaran juga baik. Lantaran guru pengajar dan sarana prasarana sekolah mempengaruhi mutu pendidikan para murid,” terang Ketua Fraksi Demokrat di DPRD Jatim, Kamis (16/02)

Ia menjelaskan, akreditasi sekolah akan ditentukan oleh pemerintah pusat melalui kemendiknas. Sementara pemda hanya merekomendasikan ke pusat terhadap sekolah-sekolah yang dinilai layak mendapatkan akreditasi baik. “Kita bukan berarti yang mengeluarkan akreditasi, tetapi daerah bias menilai, apakah layak atau tidak,” paparnya.

Bendahara DPD Partai Demokrat Jatim ini menambahkan, Selain mengatur akreditasi sekolah/ raperda sistem pendidikan juga mengamanatkan pemda diperbolehkan ambil bagian dalam jadwal ujian nasional. (aca/jto)

 

 

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemprov Tertibkan Sekolah Yang Akreditasi Rendah"