Pemprov Targetkan Tahun 2013 RTSM Tuntas

Tidak ada komentar 7 views

Sekdaprov Rasiyo

SURABAYA (suarakawan.com)-Pemerintah Provinsi Jawa Timur menargetkan hingga tahun 2013 mampu menuntaskan penanganan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) se-Jawa Timur yang berjumlah 493.004 keluarga.

Keyakinan tersebut didasarkan penanganan RTSM oleh Pemprov Jatim pada tahun 2010 yang mencapai 71.347 keluarga. Diharapkan pada tahapan kedua yang dimulai tahun 2011 hingga 2013 mampu menyelesaikan sisanya.

Hal ini ditegaskan oleh Sekdaprov jatim, Rasiyo Msi saat ditemui usai acar pembukaan Semiolaka TKPKD tentang penanggulangan Kemiskinan di hotel Garden Palace, Rabu (08/06).

Rasiyo mengatakan tahun 2011 ini adalah tahapan yang kedua yang dilakukan oleh pemerintah provinsi dalam upaya pengentasan kemiskinan khususnya RTSM melalui program Jalin Kesra.

“Untuk kedua kalinya pemerintah provinsi Jawa timur menangani upaya  pengentasan kemiskinan. Jalin kesra adalah jalan lain menuju kesejahteraaan rakyat,”jelasnya.

Ia menambahkan dana yang dikeluarkan oleh pemerintah provinsi Jawa Timur untuk program pengentasan kemiskinan ini tidaklah sedikit. Dari total jumlah RTSM yang ditangani oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur membutuhkan dana sekitar 1,2 triliun.

Dari 3.790.822 orang miskin di Jawa Timur, setelah didata kembali ternyata jumlah yang sangat miskin sebanyak 493 .004. “Dan untuk sementara ini yang RTSM inilah  yang ditangani terlebih dahalu, jika diambil rata –rata  per keluarga membutuhkan bantuan  Rp 2.500.000, maka akan ketemu jumlah dana sekitar Rp1,2 Triliun,”ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya  berharap dengan pendataan ini, Pemerintah Provinsi  Jawa Timur meminta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota serta para pendamping dan perguruan tinggi agar penyelenggaraan bantuan ini berjalan dengan baik. ”Artinya yang dibantu betul-betul yang memerlukan, karena berdasarkan pengalaman banyak bantuan yang tidak tepat sasaran,” ujarnya.

Sekda juga meminta dalam penanganan RTSM ini untuk selalu melakukan koordinasi hingga ke tingkat Kecamatan dan Kelurahan di Pemkab dan Pemkot

“Yang mengetahui data orang miskin dan warganya adalah para Lurah dan Camat. Karena  yang di tangani adalah masyarakat atau rakyat yang berada di kabupaten dan Kota semua, Provinsi tidak punya daerah yang punya warga adalah Pak Lurah dan Pak Camat, meraka yang paham betul kepada siapa bantuan itu akan diberikan,” ujarnya. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemprov Targetkan Tahun 2013 RTSM Tuntas"