Pemprov Jatim Raih Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha

pakde karwo aprilSURABAYA (suarakawan.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) kembali mendapat penghargaan. Kali ini, penghargaan bergengsi yang direbut Pemprov Jatim adalah Parasamya Purnakarya Nugraha.

Menurut rencana penghargaan di bidang pembangunan sebuah provinsi tersebut bakal diterima Gubernur Jatim Soekarwo langsung dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara.

“Ini adalah penghargaan paling tertinggi,” kata Soekarwo ketila ditemui di Surabaya, Kamis (24/04).

Penghargaan ini diberikan setelah Provinsi Jatim mampu mempertahankan prestasinya di bidang pembangunan selama hampir empat tahun berturut, yakni Tahun 2010, 2011, 2012 dan 2013. Karena dianggap mampu mempertahankan prestasi itu oleh Pemerintah Pusat diberikan penghargaanParasamya Purnakarya Nugraha.

“Setelah penghargaan iniN sudah tidak ada lagi di atasnya. Dalam undang undang inilah yang paling tinggi diantara sekian penghargaan,” ujarnya.

Untuk mendapatkan penghargaan tersebut tidak mudah, karena persyaratan penilaian yang diberikan sangat berat. Ada 138 variabel yang dinilai oleh Pemerintah Pusat.

Hampir seluruhnya Nilai yang diberikan Jatim sangat tinggi dibandingkan dua provinsi lain, yakni Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah. Nilai yang diberikan hampir di atas 3.000, sedangkan provinsi lain hanya 2.000.

Variabel penilaian meliputi, keterbukaan demokrasi, pelayanan publik, persamaan gender, penanganan ekonomi serta infrastruktur. “Nilai yang diberikan sangat tinggi,” tandasnya.

Dalam memberikan penilaian tidak sekedar data tapi tim penilai juga chek di lapangan, apakah sama antara data dan lapangan. Ternyata di lapangan sangat sesuai. “Penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Jatim,” tegasnya.

Selama ini, masyarkat Jatim dinilai banyak memberikan sumbangsih dalam proses pembangunan di Jatim. “Peran serta masyarakat Jatim memberikan andil besar. Sebagai gubernur saya mengucapkan terima kasih,” tutur Soekarwo yang akrab dipanggil Pakde Karwo. (Bng/era)

Keterangan foto: Pakde Karwo diwawancarai wartawan di Grahadi. (Bng)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemprov Jatim Raih Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha"