Pemprov Jatim Akan Bangun RS Khusus Jantung

gus ipul oktSURABAYA (suarakawan.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim berencana membangun Rumah Sakit Jatung. Pasalnya, sampai sekarang Jatim belum mempunyai rumah sakit khusus Jantung, seperti RS Jantung Harapan Kita, Jakarta.

“Di Jakarta, ada RS Harapan Kita. Kenapa kita tidak punya rumah sakit jantung,” kata Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) kepada wartawan usai pelantikan pengurus Yayasan Jantung Indonesia, Jatim di Surabaya, Kamis (23/10).

Sangat ironis memang, Jatim yang berpenduduk lebih dari 38 juta jiwa ini tidak memiliki RS Jantung. Padahal, RS khusus lainnya, seperti RS Paru dan Kusta sudah berdiri di Jember dan Mojokerto dan Kediri.

“Masak gak bisa sih. Kita minta Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim dengan segala fasilitas yang kita miliki untuk bisa membangun RS Jantung,” tambah pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini.

Sebenarnya, menurut Gus Ipul, di Jatim ada RS jantung di dr Soetomo. Namun, dia ingin ada pusat pelayanan RS Jantung yang lebih modern dan terigentrasi.

“Nantinya fasilitas RS Jantung di dr Soetomo lebih diperlengkap, seperti RS Jantung Harapan Kita Jakarta. Kami juga ingin agar ada RS yang bisa menjadi benteng-benteng RS dr Soetomo. Sekarang ini ada kecenderungan orang mau berobat tidak nyaman kalau tidak ke RS dr Soetomo,” paparnya.

Pentingnya keberadaan RS jantung ini, lanjutnya, dikarenakan penyakit jantung menunjukkan kecenderungan kenaikan. Jika sebelumnya, angka kematian banyak disebabkan diabet dan stroke, sekarang beralih ke jantung.

“Melihat data angka kematian di Jatim sekarang beralih. Dulu penyebabnya tertular infeksi, sekarang trendnya tidak menular, seperti stroke, diabet dan jantung. Sekarang tertinggi jantung,” tuturnya. (Bng/era)

Keterangan foto: Gus Ipul saat diwawancarai wartawan. (Bng)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemprov Jatim Akan Bangun RS Khusus Jantung"