Pemprop Jatim Targetkan Swasembada Daging 2014

Tidak ada komentar 10 views

sapi

PASURUAN (suarakawan) – Pemerintah Propinsi Jawa Timur mentargetkan swasembada ketersediaan daging sapi dan kerbau pada 2014, pasca dihentikannya ekspor Sapi dari Australia beberapa bulan terakhir.

Kepala Inseminasi Buatan, Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur, Mochammad Tjahjono mengutarakankan, kerjasama dengan berbagai pihak dilakukan untuk memperbaiki genetik Sapi asli Indonesia yang mengalami penurunan. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya pemerintah memenuhi kebutuhan penyediaan daging yang dibutuhkan masyarakat di Jawa Timur.

“Pertama itu kan jelas untuk Peningkatan Penyediaan Swasembada Daging. Sekarang ini kan dalam rangka kita melihat ada beberapa penurunan genetik ya, terutama sapi asli Indonesia, Sapi Bali salah satunya,” jelas Mochammad Tjahjono kepada suarakawan.com, Kamis (30/06).

Mochammad Tjahjono mengungkapkan, ketersediaan daging di Jawa Timur selama ini masih mencukupi, dengan produksi yang dihasilkan melebihi angka nasional. “Harapannya kedepan itu hasil persilangan ini kembali kepada semula jadi bagus,” imbuhnya.

Perbaikan genetik Sapi asli Indonesia melalui kawin silang maupun inseminasi buatan, merupakan uji coba ilmiah untuk mendapatkan jenis sapi yang besar, kuat, memiliki daging yang berkualitas, serta tahan terhadap penyakit.

“Kalau kita dapat Sapi yang unggul dan berkualitas, maka kita dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan daging kita,” pungkas Mochammad Tjahjono yang menjamin ketersediaan daging di Jawa Timur mencukupi meski ekspor Sapi asal Australia dihentikan.(PetrusR/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemprop Jatim Targetkan Swasembada Daging 2014"