Pemkot Akan Bangun 27 Taman Baru

Tidak ada komentar 15 views

salah satu taman kota di Surabaya

SURABAYA (suarakawan.com) – Guna mendukung kota Surabaya menjadi kota penghijauan dan bebas polusi,  Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya akan membangun dan menambah sebanyak 27 taman kota baru.

Kepala Dinas Kebersihan Pertanaman (DKP)  Hidayat Syah, saat di hubungi, di kantornya, Jumat (24/06) mengatakan Taman-taman itu terbagi menjadi taman aktif dan pasif dan akan tersebar di pinggiran kota. Langkah ini sebagai upaya memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH) di Surabaya.

“Kami akan membangun enam taman aktif atau taman yang dilengkapi fasilitas bermain untuk anak-anak. Kemudian membangun taman pasif, yakni taman yang khusus untuk keindahan kota tanpa dilengkapi saran bermain atau duduk-duduk santai. Taman pasif ini nantinya akan dibangun sebanyak 21 unit,”tuturnya.

Untuk pembuatan dana Investasi  pembuatan tanam ini, ia mengatakan dana yang dikeluarkan perkirakan, termurah antara Rp 400 juta hingga Rp 1,5 miliar. ”Taman yang aktif bisa sampai Rp 1 miliar hingga Rp 1,5 miliar, ” terangnya.

Ia menjelaskan selama ini pembangunan taman masih terpusat di pusat kota, namun dalam kurun waktu 2-3 tahun mendatang akan merambah ke pinggiran dan perbatasan kota. Taman pasif di pinggiran kota tersebut akan dibangun di daerah Bubutan, Darmo Baru Barat, Gunungsari, Karangpilang, Kendangsari, Kupangjaya, Lakarsantri, Lontar, Manyar, Pandugo, Penjaringansari, Pondok Benowo Indah, Pulo Wonokromo, Putro Agung, Rembang Selatan, Rungkut, Sawahan, Semolo Waru, Simokerto, Tenggilis Mejoyo dan Wonocolo. Sedangkan taman aktif meliputi Dwikora, Sawapulo, Wonokromo, Irian Barat dan Kebun Bibit Wonorejo.

Selain membangun taman aktif dan pasif tersebut Pemkot juga akan melakukan perbaikan taman tepi jalan di sepanjang Jl Ahmad Yani dari Wonokromo-Waru. Selain itu, Pemkot juga akan membangun taman di daerah perbatasan Gresik-Surabaya dan Sidoarjo-Surabaya.

“Tujuannya untuk penataan agar taman-taman itu bisa tampil cantik dan menawan,” katanya. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemkot Akan Bangun 27 Taman Baru"