Pemkot Ajukan 1.718 Formasi PNS Baru

Tidak ada komentar 11 views

balaikota pemkot surabaya

SURABAYA (suarakawan.com) – Pemkot Surabaya mengajukan sebanyak 1.718 format baru pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2011, kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN dan RB).

Dari total 1.718 formasi tersebut, dengan rincian tenaga kependidikan sebanyak 1.184 formasi, tenaga kesehatan 324 formasi dan tenaga teknis sebanyak 210 formasi.

“Jumlah pengajuan sebanyak itu, biasanya hanya disetujui sekitar 300 sampai 400 formasi saja. Alasannya ya karena menyesuaikan anggaran negara yang ada,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya Yayuk Eko Agustin SH MSi, ditemui diruang kerjanya, Senin (20/06).

Menurutnya, jika nantinya Men PAN dan RB hanya mensetujui 300 formasi saja, itu berarti pemkot kekurangan 500 formasi pada tahun ini. Sebab selama 2011, PNS Pemkot Surabaya yang mengalami masa pensiun sebanyak 800 PNS lebih.

Dengan begitu, jika pemkot kekurangan pegawai secara tidak langsung akan mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat. Karena jumlah penduduk Surabaya jika siang hari mencapai 5 juta orang lebih, sedangkan jika malam hari 3 juta orang lebih.

Saat ini, jumlah PNS Pemkot Surabaya sebanyak 19.896 PNS. Dengan rincian tenaga pendidik 11.235 orang, tenaga kesehatan 890 orang dan tenaga structural 7.861 orang. “Tahun lalu, jumlah PNS pemkot mencapai 21 ribu orang lebih. Sekarang hanya sekitar 19 ribu saja,” jelasnya.

Karena sangat mendesaknya tambahan tenaga yang cukup banyak, Pemkot Surabaya dalam hal ini BKD berencana meminta audiensi dengan Men PAN. Dalam audiensi ini, Yayuk akan menjelaskan formasi mana saja yang sangat penting untuk segera dipenuhi.

“Jika tak begitu, nanti yang di ACC tenaga yang tidak begitu mendesak. Kan nanti jadinya repot kita. Makanya nanti kita akan jelaskan kondisi riil birokrasi di Pemkot Surabaya seperti apa,” paparnya.

Lebih lanjut Yayuk mengimbau kepada masyararkat agar tak percaya jika ada oknum yang mengaku-ngaku bisa menjadikan seseorang menjadi PNS. Sebab saat ini, belum ada perekrutan CPNS di lingkungan Pemkot Surabaya.

“Yang menetapkan kapan rekrutmen CPNS itu pusat. Bukan kita. Jadi kalau ada yang mengaku bisa memasukkan seseorang jadi PNS, jangan percaya. Saat ini modusnya menelepon lalu bilang kalau bisa menjadikan seseorang jadi PNS, lalu meminta uang sebesar Rp 5 juta,” imbuhnya. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemkot Ajukan 1.718 Formasi PNS Baru"