Pemisahaan Rochman-Rochim Masih Berlangsung

Tidak ada komentar 4 views

SURABAYA – Tim dokter Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Soetomo Surabaya Jawa Timur terus berupaya melanjutkan operasi pemisahan bayi kembar siam dempet pinggul dan pantat asal Jombang, Rochman dan Rochim.

Sampai saat ini, operasi bayi kembar siam yang dempet di bagian pinggul itu telah berlangsung selama sekitar 10 jam. Dari operasi yang dimulai sejak pukul 07.00 itu, tim dokter ini sedang melakukan operasi pemisahan alat kelamin. Selain itu, tim dokter juga merekrontruksi alat kelamin, apakah untuk Rochman atau Rochim. Sebelumnya tim dokter berhasil memisahkan tulang ekor.

“Operasi pemisahan saat ini sudah berjalan 70 persen. Tahap berikutnya adalah yang paling rumit dan kompleks karena banyak pembuluh darah. Keduanya dapat dipisahkan kira-kira pukul 00.00 dini hari nanti “,  ujar Ketua Tim Pusat Penanganan Kembar Siam Terpadu RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Agus Harianto SpAK saat dihubungi suarakawan.com, Sabtu (9/4) sore.

Orangtua dan kerabat bayi kembar siam yang berusia 19 bulan itu hanya bisa menyaksikan jalannya operasi dari layar televisi di ruang yang terpisah dengan ruang operasi.

Tim dokter memperkirakan, operasi ini akan memakan waktu total sekitar 27 jam. Sebelumnya, ketua tim dokter Agus Harianto mengatakan, operasi ini termasuk operasi kembar siam terumit yang pernah ditangani karena kedua bayi tersebut hanya memiliki satu alat kelamin. Keputusan soal siapa yang mendapat alat kelamin akan ditentukan di meja operasi. (ut/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemisahaan Rochman-Rochim Masih Berlangsung"